klikdokter.com
Kamis, 17 April 2014
Login | Register

Benjolan di buah zakar

dok, mau tanya.. saya sejak smu sering melakukan onani hingga saat ini, cuma 2 tahun belakangan tidak aktif lagi. kemudian sejak 4 atau 5 tahun lalu, biji pelir saya mengalami pembesaran sebelah kanan. cuma pada saat2 tertentu biji pelir itu mengecil. Ada kalanya sakit dan tiap saya tekan seperti ada cairan. sedangkan bji sebelah kiri sudah tdak berfungsi lagi. Bagaimana y dok? apa yang harus saya lakukan?( laki-laki, 28 thn,163 cm,64 Kg)



Bapak / Saudara yang terhormat,

Apa yang Anda maksud dengan skrotum (buah zakar) Anda yang kiri sudah tidak berfungsi lagi? Apakah Anda pernah dioperasi karena penyakit tertentu di skrotum? Pada saat apa skrotum Anda mengecil dan pada saat apa skrotum Anda membesar? Data yang Anda berikan kurang lengkap. Sebaiknya Anda memberikan data selengkap-lengkapnya sebelum melakukan konsultasi agar dapat dianalisis secara benar.

Berdasarkan data yang Anda berikan, pembesaran skrotum hanya terjadi di waktu tertentu saja, maka kemungkinan Anda mengalami hernia skrotalis. Hernia inguinoskrotal adalah kantung hernia yang menonjol ke dalam skrotum melalui kanal inguinal, dan cincin inguinal eksternal sehingga tampak sebagai massa di dalam skrotum. Hernia ini mudah menjadi strangulasi (terpuntir) yang dapat menyebabkan rasa nyeri. Munculnya benjolan di skrotum umum terjadi di kala olahrahga atau latihan fisik berat dan mengangkat benda berat. Hernia umumnya menghilang ketika istirahat atau tidur.

Selain hernia, mungkin saja Anda mengalami peradangan pada epididimis dan testis sehingga menyebabkan pembesaran dan rasa nyeri. Hidrokel (terkumpulnya cairan di antara lapisan parietal dan viseral tunika vaginalis) dan varikokel (kelainan pelebaran pembuluh-pembuluh vena yang berada dalam skrotum) juga dapat menjadi penyebab pembesaran dari skrotum. Sebaiknya Anda mengkonsultasikan benjolan pada skrotum Anda ke dokter spesialis bedah urologi. Semoga membantu. (TRH)


Terima kasih

(Tim Redaksi Klikdokter)



 



Live Chat

JOIN MILIS

Masukkan e-mail untuk mendapatkan informasi terbaru dari klikdokter