klikdokter.com
Kamis, 24 April 2014
Login | Register

Obat tradisional pada stroke

paman saya kena stroke seminggu yang lalu karena terjatuh di kamar mandi. laki2, usia 70 tahun. ada sejarah pernah operasi benjolan pada lever 2 th lalu dan punya penyakit hipertensi dan diabetes. dan karena tidak ada biaya, maka dibawa pergi ke pengobatan alternatif dgn cara dipijat dan minum daun mindi dan daun johar. apakah itu bisa membantu? ada juga saran dari kenalan agar meminum angkung/obat china. ada juga saran agar meminum Vermint cap cacing 2x4 cap/hr dan neurobion 3x1hr. perlu advice agar tidak salah tindakan. terutama apakah penderita stroke bisa dipijat?( perempuan, 43 thn,160 cm,56 Kg)



Ibu / Saudari yang Terhormat,

Terimakasih telah mempercayakan masalah Anda pada klikdokter. Akan Saya jawab pertanyaan Anda satu per satu. Semoga dapat dipahami dengan baik.

  1. Stroke atau serangan otak terjadi akibat sumbatan atau pecahnya pembuluh darah yang memperdarahi otak, menyebabkan kerusakan sel-sel otak sehingga kehilangan fungsinya. Berdasarkan letak pembuluh darah otak yang terkena, gejala khas yang umum ditemukan adalah keluhan lemahnya sisi tubuh dan bicara pelo yang berlangsung selama lebih dari 24 jam. Dari sini dapat diketahui bahwa penyebab keluhan tersebut sebenarnya berasal dari otak. Terapi dengan pijatan biasanya hanya dilakukan pada keluhan yang disebabkan oleh gangguan otot.
  2. Daun mindi biasa digunakan sebagai obat anticacing, antidemam, antinyeri, dan antigatal. Sedangkan daun johar paling banyak digunakan sebagai obat antimalaria. Di samping itu, daun Johar juga dipercaya dapat menstimulasi daya tahan tubuh dan memiliki efek hepatoprotektif (melindungi hati dari kerusakan). Daun Johar sudah terbukti aman, namun belum ada penelitian yang membuktikan efektivitas dan khasiat daun mindi pada manusia.
  3. Pada pengobatan Cina, Angkak dipercaya bermanfaat untuk melancarkan aliran darah, menurunkan kolesterol, mengobati nyeri perut, dan mempertahankan fungsi limpa yang menghancurkan sel darah merah dan menyaring benda asing. Efeknya pada aliran darah dan kadar kolesterol telah dibuktikan melalui beberapa penelitian.
  4. Neurobion dalam hal ini dapat berperan sebagai neuroprotektor dan regenerasi sel saraf. Dapat digunakan sebagai salah satu pengobatan stroke.

Prinsip utama terapi stroke adalah dengan mencegah perburukan dan berusaha mengembalikan aktivitas fungsional penderitanya. Terapi herbal mulai banyak digunakan, namun pasien dan keluarga harus kritis mengenai keamanan dan efektivitas herbal yang diberikan. Anda sudah melakukan hal yang benar dengan mengkonsultasikan hal ini terlebih dahulu. Seperti yang telah Saya jabarkan di atas, daun mindi dan daun johar tidak memiliki kaitan dengan terapi stroke. Namun mengingat paman Anda memiliki riwayat sakit lever, daun johar mungkin bermanfaat. Pengobatan dengan angkak juga harus memperhatikan penyebab stroke terlebih dahulu, karena stroke yang terjadi akibat pecahnya pembuluh darah justru dapat diperberat dengan pengobatan angkak. Lebih lanjut mengenai hal ini, akan lebih baik bila Anda mendiskusikannya dengan dokter paman Anda sebelumnya.

Dan seperti yang telah Saya katakan sebelumnya, selain terapi obat-obatan, penderita stroke juga membutuhkan rehabilitasi untuk mengembalikan aktivitas fungsionalnya. Saran Saya sebaiknya paman Anda juga diprogramkan untuk mengikuti proses rehabilitasi pasca stroke. Mengenai biaya, mungkin Anda bisa mengatasi hal ini dengan menghubungi lembaga-lembaga sosial yang khusus menaungi penderita stroke. Semoga dapat membantu.

Terima Kasih

(Tim Redaksi Klikdokter)



 



JOIN MILIS

Masukkan e-mail untuk mendapatkan informasi terbaru dari klikdokter