klikdokter.com
Rabu, 23 Juli 2014

Hipokalemia

Saya adalah penderita Hypokalemia, dan saat ini adalah bulan ke 6 saya mengidap penyakit tersebut. Saya juga sudah dua kali dirawat di RS yang berbeda di Jakarta dan Bekasi, yang mana masing-masing dokter dari ke dua RS tersebut, memiliki pendapat yang berbeda. Dokter yang pertama mengatakan kalau ginjal saya bocor, tanpa menjelaskan penyebab dan apa solusinya. Dokter yang ke dua mengatakan kalalu dia sama sekali tidak tahu apa penyebab saya bisa kekurangan kaliumn dan menambahkan bahwa seumur hidup saya akan terus menjadi penderita Hypokalemia. Saya ingin menanyakan 1.apakah betul Hypokalemia tidak bisa disembuhkan? 2.apa penyebab utama Hypokalemia? 3.apakah faktor genetik bisa menjadi penyebab nya? sedangkan di keluarga saya tidak ada pernah ada yang mengalami penyakit seperti saya Terima kasih ( laki-laki, 26 thn,162 cm,65 Kg)



Bapak / Saudara yang terhormat,

Hipokalemia adalah suatu kondisi kekurangan elektrolit kalium di dalam tubuh. Kadar kalium normal di dalam tubuh berkisar antara 3,5 - 5 mEq/L. Kalium sangat dibutuhkan untuk mengatur kerja dari saraf dan sel otot. Ginjal merupakan pengatur homeostasis dari kadar kalium tubuh, dimana kadar kalium berlebihan akan dibuang melalui air seni. Hipokalemia sendiri adalah kondisi yang disebabkan oleh :

  • Gangguan pada ginjal yaitu renal tubular asidosis, hiperaldosteronisme, kekurangan magnesium, leukimia, stenosis arteri renalis, penyakit Cushing
  • Kelainan kongenital (kelainan sejak lahir) yaitu Sindroma Bartter, Sindroma Gitelman,  Sindroma Liddle
  • Gangguan saluran pencernaan : muntah atau diare hebat, penggunaan laksatif berlebihan
  • Efek obat seperti diuretik, beta-adrenegik agonis, steroid, teofilin, aminoglikosida
  • Pergeseran transeslular pada penggunaan insulin dan kondisi alkalosis
  • Diet makanan (kaya kalium) yang tidak adekuat

Hipokalemia dapat diatasi sesuai dengan penyebabnya. Mungkin yang menjadi masalah dalam kasus Anda adalah pencarian penyebab dari hipokalemia yang sementara ini masih belum diketahui. Sebaiknya Anda mengkonsultasikan kembali ke dokter spesialis penyakit dalam Anda untuk mencari tahu apa penyebab dari hipokalemia yang Anda alami sekarang. Kurang lebih berbagai penyebab dari hipokalemia sudah saya jabarkan di atas. Semoga membantu. (TRH)

Terima kasih.

(Tim Redaksi Klikdokter)



 
Artikel Terkait
Artikel Terkait

JOIN MILIS

Masukkan e-mail untuk mendapatkan informasi terbaru dari klikdokter

Konsil Kedokteran Indonesia Departemen Kesehatan ILUNI FKGUI ILUNI FKUI Ikatan Dokter Indonesia Fiaksi Indonesia
Must Read close
Leukemia pada anak
Infeksi Saluran Kemih
Sumbatan saluran tuba