klikdokter.com
Kamis, 17 April 2014
Login | Register

Leukosit dan trombosit tinggi

Dok anak saya sakit demam berkepanjangan dan sudah diopname.setelah cek Lab hasilnya leukositnya diatas stndar yaitu 28rb trombositnya 505rb.Kata dokter RS tidak perlu khawatir.cek Lab kmdn hasilnya leukosit menjadi 15rb tp trombosit 717rb.Mohon opininya.sblm opname anak saya sakit demam selama 5 hari tp naik turun,dia jg mengeluh perutnya sakit,kadang2 batuk.usianya 5 th.Trims seblmnya( laki-laki, 29 thn,166 cm,65 Kg)



Bapak / Saudara yang terhormat,

Kadar leukosit tinggi terjadi akibat proses infeksi, sedangkan trombosit bisa meningkat sebagai bentuk reaksi terhadap peradangan, trauma, kerusakan jaringan, dan proses infeksi itu sendiri. Hal ini biasanya hanya bersifat sementara, bila sumber infeksinya menghilang, kadar keduanya akan kembali berangsur normal.

Informasi yang Anda berikan masih terbatas.

  • Bagaimana kadar hemoglobinnya?
  • Selain sakit perut apakah ada keluhan BAB, mual, ataupun muntah?
  • Batuk yang dialami juga sudah berapa lama? Apakah disertai dahak warna kuning atau kehijauan?
  • Selain laboratorium, adakah pemeriksaan lain yang dilakukan, seperti foto roentgen dada dan perut?
  • dsb

Karena akan lebih baik bila Saya mengetahui dengan lengkap kondisi anak Anda sebelum memberikan penjelasan lebih lanjut. Yang dapat Saya katakan saat ini adalah sangat besar kemungkinan anak Anda sedang menderita penyakit infeksi. Sumber infeksinya bisa berasal dari organ dalam perut (usus) atau dari paru. Namun hal ini baru bersifat dugaan. Diperlukan data lebih lengkap untuk bisa memastikan dugaan ini. Semoga dapat dipahami.(SO)

Terima kasih.

(Tim Redaksi Klikdokter)

 



 



JOIN MILIS

Masukkan e-mail untuk mendapatkan informasi terbaru dari klikdokter