klikdokter.com
Minggu, 31 Agustus 2014
<

Hipersalivasi di kala gugup

assalamualaikum dokter, saya punya keluhan yaitu kalau sedang grogi/nervous mulut saya jadi memproduksi ludah secara berlebihan, sebentar2 pengennya ngeludah aja. kalo dulu sering di sertai mual2 tapi skrg sdh tdk. masalah ini sangat mengganggu aktifitas saya. tolong bantu saya ya dok, saran dokter sangat saya harapkan. semoga Alloh membalas kebaikan anda. wassalamulaikum. (Pria, 26 thn, 164 cm, 63 kg)



Bapak / Saudara yang Terhormat,

Waalaikum salam Wr Wb

Air ludah atau saliva diproduksi dari kelenjar saliva yang berada di bagian mulut dan rahang. Produksi saliva di bawah pengaruh Sistim Saraf Autonom yang berarti tidak dapat dikendalikan secara sadar. Hipersalivasi atau peningkatan saliva dapat diakibatkan peningkatan produksi atau kurangnya saliva. Penyebab hipersalivasi diantaranya adalah asupan gandum berlebih, penyakit refluks gastroesofageal, pankreatitis, penyakit hati, ulkus atau luka dan infeksi pada mulut. Obat-obatan yang menyebabkan hipersalivasi adalah clozapin, pilokarpin, ketamin, dan potasium klorat.

Hubungan antara hipersalivasi dan hipersekresi gaster (lambung) juga diteliti dan diterbitkan oleh Psychosomatic medicine. Kondisi gugup atau stres dan banyak tekanan dapat meningkatkan kadar asam lambung. Hal tersebut dapat menimbulkan gejala lambung seperti mual dan juga dapat menyebabkan terjadinya hipersalivasi. Mungkin hal ini yang terjadi pada Anda. Terapi untuk hipersalivasi tergantung dari penyebabnya masing-masing. Dapat dilakukan kumur di mulut dan sikat gigi yang dapat mengurangi efek kering pada mulut. Terapi perilaku untuk mengurangi rasa gugup juga dapat dilakukan dengan bantuan psikolog. Semoga membantu.

Terima Kasih

(Tim Redaksi Klikdokter)



 
Artikel Terkait
Artikel Terkait

JOIN MILIS

Masukkan e-mail untuk mendapatkan informasi terbaru dari klikdokter

Konsil Kedokteran Indonesia Departemen Kesehatan ILUNI FKGUI ILUNI FKUI Ikatan Dokter Indonesia Fiaksi Indonesia
Must Read close
Hiperhidrosis palmar dan plantar
Ukuran normal
Ejakulasi dini