Sukses

Penanganan Tuberkulosis
14 Jan 2018, 21:57 WIB
Pria, 53 tahun.

Assalamualaikum dok,,selamat siang ini saya bapak ashari mau tanya seputar kesehatan. saya di vonis terkena tbc 1 th yang lalu tapi pengobatan saya mengalami ketelat hapir 1 tahun karena saya pikir batuk biasa, lalu saya ikut pengobatan tb 6-8 bulan di suatu pukesmas pengobatan saya selesai dan saya juga tidak pernah telat minum obat doker bilang saya sudah sebuh dari tb,, tapi batuk saya blm sebuh, tidak lama ini saya di larikan ke rumah sakit karena sesak nafas dan batuk saya yang blm kuncung sebuh, beberapa doker di rumah sakit kurang memberi kejelasan tentang riwayat penyakit saya yg sebenarnya , memang saya punya riwayat keluarga yg miliki penyakir sama begitupun saudara* saya. Saya pindah rumah sakit lagi setelah 20 hari lebuh di rawat tidak mengalami perubahan ,, saya memakai alat bantu oksigen untuk pernafasan, tapi batuk saya selama 2 th lebih ini masih blm kunjung sembuh.. alhamdulillah di rumah sakit kedua ini saya mengalami perubahan sedikit-sedikit, saya binggung dgn penyakit saya ini jantung apa paru- paru, saya susah tidur dan kalau batuk saya sesak nafas ,, dan perubahan suhu saya tidak menentu setiap batuk dada saya serasa panas,, jatung saya berdetak kecang.. saya tiba-tiba bisa demam, dan dpkter dari rumah sakit sebelumnya menjelaskan jatung saya kerendam cairan. bisa minta solusinya untuk menjelaskan penyakit saya dari rincian tersebut dok? Mohon bantuannya? Sebenarnya saya ini sakit jatung, paru- paru , sesak nafas biasa , atau TB saya yg belum sembuh?

dr. Alvin Nursalim

Dijawab Oleh:

dr. Alvin Nursalim

 Terimakasih atas pertanyaan Anda tentang penyakit Tuberkulosis menggunakan fitur Tanya Dokter

Tuberkulosis adalah penyakit infeksi pada saluran pernafasan yang disebabkan oleh bakteri. Bakteri ini merupakan bakteri basil yang sangat kuat sehingga memerlukan waktu lama untuk mengobatinya. Banyak sekali penyebab batuk yang tidak kunjung sembuh, bisa jadi tuberkulosis yang kambuh, penyakit paru obstruktif, keganasan paru. Apakah Anda perokok? Bagaimana hasil foto rontgen Anda?

Gejala utama pada TB adalah batuk terus-menerus dan berdahak selama tiga pekan atau lebih. Selain itu terdapat dahak bercampur darah/batuk darah, sesak nafas dan rasa nyeri pada dada, demam, berkeringat pada malam hari tanpa penyebab yang jelas, badan lemah dan nafsu makan yang menurun.

Untuk mengurangi gejala khas TB yang seperti anda sebut, pastinya penderita tersebut harus mengalami pengobatan TB dalam jangka waktu yang panjang. Untuk meredakan sesak napas yang bersifat sementara mungkin penderita harus menaikkan posisi tidur, mengkonsumsi obat bronkolitik (untuk mengencerkan dahak yang menyebabkan sesak nafas). Lebih baiknya adalah untuk berkonsultasi lebih lanjut kepada dokter Spesialis Paru-Paru.

Maaf saya kurang mengerti apa maksud anda dengan sifat agen tersebut?

Demikian informasi yang dapat kami berikan. Semoga bermanfaat. 

0 Komentar

Belum ada komentar