Sukses

Minum Pil KB dan Tidak Haid
14 Jan 2018, 21:58 WIB
Wanita, 24 tahun.

Dok saya mau tanya,bulan kmaren saya minum pil KB andalan lactasi,stelah daper 1 Minggu saya haid triz saya lewati minum pil yang bikin haid,trus bulan ini sudah minum pil yang buat haid,malahan saya nggak haid. Tolong di jawab dok,Trima kasih

dr. Alvin Nursalim

Dijawab Oleh:

dr. Alvin Nursalim

Terima kasih sudah bertanya tidak haid minum pil KB, melalui fitur tanya dokter

Pil KB terdiri dari 28 butir. 21 pil berisi hormon dan 7 pil tidak berisi hormon. Harusnya seseorang yang mengonsumsi pil akan mengalami haid. Maka perlu dicurigai hal lain. Salah satunya adalah kehamilan. Apakan Anda meminum pil KB Anda dengan benar?

Selain kehamilan, telat haid dapat disebabkan oleh beberapa hal. Siklus haid memang dapat maju dan mundur. Umumnya pada remaja, telat haid disebabkan oleh gangguan hormonal. Siklus haid normalnya berkisar antara 21-35 hari dan berlangsung selama 3-7 hari. Bagaimana dengan siklus haid anda selama ini?

Adapun gangguan siklus menstruasi umumnya terjadi akibat gangguan keseimbangan hormonal, yang dapat disebabkan oleh beberapa keadaan, antara lain:

Pada 3-5 tahun pertama setelah haid pertamaPasien dengan gangguan makan (seperti anorexia nervosa, bulimia)Pasien dengan indeks massa tubuh (IMT) > 30Malnutrisi (kurang gizi)Stres psikologisAtletSelain gangguan hormonal, dapat juga terjadi gangguan organ kandungan. Untuk memastikannya, dapat dilakukan pemeriksaan USG kandungan ke dokter spesialis kandungan dan kebidanan.

Demikian informasi tentang tidak haid minum pil KB yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar