Sukses

Kulit Wajah Mengelupas
14 Jan 2018, 21:49 WIB
Wanita, 37 tahun.

Dok sy mau tanya soal kulit wajah...sy ada pake cream herbal yg terbuat dr madu minyak zaitun n propolis awalnya sy pake ni cream bgs bgt tP lama klamaan sampe sekarang wajah sy mkin kliatan kering terkelupas jerawat kecil yg sy g nahan gatelnya makin menjadi dok..sy tanya ke agen yg jual cream tu proses pengeluaran detox tp kok wajah sy sakit klo dipegang karna klo uda cuci muka pake sabunnya lgsg ketat gt..yg mau sy tanyain dok apa sy g cocok pake cream ni

dr. Alvin Nursalim

Dijawab Oleh:

dr. Alvin Nursalim

Terima kasih telah bertanya seputar kulit wajah terkelupas dan perih setelah menggunakan krim melalui fitur Tanya Dokter.

Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan. Pengobatan jerawat pada umumnya menggunakan retinoic acid dioleskan pada malam hari setiap hari. Selain untuk mengobati komedo dan jerawat, obat ini dapat pula mengecilkan pori-pori dan mencerahkan kulit. Awal penggunaan jerawat dapat muncul semakin banyak, kulit menjadi merah serta mengelupas, namun penggunaan obat harus tetap dilanjutkan sampai minimal 3 bulan, jika perlu seterusnya. Setelah penggunaan krim tersebut sebaiknya pakai pelembab wajah untuk mencegah pengelupasan dan perih pada wajah.

Kulit wajah yang terkelupas dan perih setelah menggunakan krim obat jerawat, selain dapat disebabkan oleh kulit kering, dapat juga terjadi karena tidak tepatnya dosis krim yang Anda gunakan. Pastikan konsentrasi (dapat berupa persen) obat yang Anda gunakan sesuai dengan kulit Anda. Sebaiknya pastikan dosis yang tepat dengan mengunjungi dokter terdekat atau dokter spesialis kulit untuk penanganan yang lebih tepat.

Selain itu, hindari paparan sinar matahari jika menggunakan obat tersebut atau gunakan sunblock dengan SPF minimal 30. Namun memilih sunblock juga harus berhati-hati karena sebagian besar dapat memicu munculnya komedo lebih banyak, pilihlah sunblock dan semua produk perawatan kulit yang berlabel non-comedogenic. Pada jerawat yang berukuran besar dan meradang dapat diberikan suntik kortikosteroid.

Kami sarankan Anda untuk tidak berhenti konsultasi ke Dokter karena penanganan kulit berjerawat memang membutuhkan waktu yang lama sehingga perlu pemantauan dan kesabaran. Selain dari obat-obatan luar dan obat-obatan minum, Anda juga perlu memperhatikan diet dan kebersihan wajah.

Demikian informasi yang dapat kami berikan mengenai kulit wajah terkelupas dan perih setelah menggunakan krim. Semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar