Sukses

Diare pada Bayi
14 Jan 2018, 21:49 WIB
Wanita, 32 tahun.

Selamat siang dok.. Anak saya umur 21 Bulan minggu lalu mencret dan muntah dok,, pup ny agak berlendir sy sdh berobat oleh dktr ny dikasih lacto b,, zinc, dan sanfuro. Yg mau sy tanyakan setelah sdh tdk mencret kenapa anak sy masih susah mkan dan prutny kembung dok sdh hampir 5 hri ini.. Terimakasih sebelumnya atas jawaban nya.

dr. Alvin Nursalim

Dijawab Oleh:

dr. Alvin Nursalim

Terimakasih telah bertanya seputar diare pada bayi melalui fitur Tanya Dokter.

Mohon maaf atas keterlambatan kami menjawab pertanyaan Anda.

Kami memahami kekhawatiran Anda.

Diare pada bayi dan balita umumnya disebabkan oleh Rotavirus. Virus ini mengeluarkan racun sehingga bayi mengalami diare. Diare merupakan cara tubuh untuk mengeluarkan racun tersebut dari saluran pencernaan. Diare yang disebabkan karena Rotavirus akan membaik dengan sendirinya, kurang lebih dalam waktu 1 minggu.

Yang perlu diperhatikan selama diare adalah menjaga agar tidak terjadinya kekurangan cairan dan elektrolit (dehidrasi). Bila bayi masih menyusu ASI, berikan kapanpun ia mau. Bila bayi sudah MPASI, dapat diberikan air putih atau lebih baik menggunakan oralit. Bila bayi menggunakan susu formula sebaiknya diganti menjadi susu rendah laktosa selama masih diare.

Selain itu, bayi Anda dapat diberikan probiotik dan juga sirup Zinc agar pencernaannya cepat pulih. Sirup Zinc bisa didapat secara bebas di apotik dan dikonsumsi 1x20 mg setiap hari selama 10 hari.

Bila bayi tidak mau minum sama sekali artinya sudah terjadi dehidrasi yang lebih parah, karena itu perlu segera ditangani di rumah sakit.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan seputar diare pada bayi. Semoga bermanfaat. 

0 Komentar

Belum ada komentar