Sukses

Penyebab Sesak dan Jantung Berdebar
14 Jan 2018, 21:22 WIB
Pria, 19 tahun.

Dok saya ingin bertanya saya suka mengeluhkan sesak nafas perut terasa kembung keras dan jantung berdetak kencang bercampur cemas dan panik. Saya mengira ini penyakit asam lambung Dan setelah saya berobat kata dokter yg mengatasi saya asam lambung saya kambuh karna penyakit panik attack. Setelah saya rujuk ke dokter jiwa persaaan panik dan cemas saya sudah mulai agak menghilang dan perut saya sudah tidak bermasalah lagi tetapi saya masi suka sesak nafas dan jantung berdebar dan gejala itu sering terjadi ketika naik kendaraan ataupun kena angin kencang, kira kira saya ini sakit asam lambung, jantung, asma atau panik attack ya dok soal nya penyakit ini membuat saya menjadi trauma untuk berpergian jauh dengan kendaraan :(

dr. Alvin Nursalim

Dijawab Oleh:

dr. Alvin Nursalim

Terima kasih telah bertanya seputar sesak dan jantung berdebar menggunakan fitur Tanya Dokter di KlikDokter.

Penyebab sesak nafas banyak sekali, karena itu dibutuhkan pemeriksaan lengkap dan langsung oleh dokter. Namun sesak napas dapat disebabkan oleh gangguan dalam sistem pernapasan (hidung, tenggorokan paru-paru) atau gangguan yang berasal dari luar paru-paru (jantung)

Tanda-tanda dari sesak napas dapat berupa :

Peningkatan jumlah frekuensi napas (dewasa >20x/menit; anak >30x/menit; bayi>40x/menit)Kebiruan pada sekitar bibir, ujung-ujung jariAdanya suara napas tambahan seperti ngorok, serak, grok-grok, mengiPenyebab kegawat daruratan karena sesak napas dapat berupa :

Asma : batuk, mengiInfeksi paru (pneumonia) : batuk, panas, sesak napasAlergi (pembengkakan pada tenggorok yang menyebabkan terjadinya sumbatan) : riwayat makan makanan yang menyebabkan alergi (seafood, kacang, telur, dll)Sakit jantung (disertai nyeri dada)Trauma dada (kecelakaan yang mengenai dada) : riwayat benturan keras di daerah dada, sesak napas, nyeri dada, ada kerusakan pada dada (patah tulang), perdarahanBerdasarkan keterangan yang kami berikan, kira kira apa yang memicu rasa sesak napas Anda? Apakah ada riwayat asma pada diri Anda? Apakah Anda merokok?

Jantung berdebar memang dapat merupakan pertanda adanya masalah pada jantung. Namun selain itu, jantung berdebar juga dapat disebabkan oleh hal lain:

Adanya serangan panik, rasa khawatir, takut, stres.Latihan fisik yang terlalu berat.Konsumsi kafein (kopi), nikotin (rokok), alkohol, obat flu.Penyakit tiroid, kadar gula darah yang rendah, kurang darah (anemia), tekanan darah rendah, demam atau dehidrasi (kekurangan cairan)Perubahan hormon seperti selama menstruasi, kehamilan.Obat-obat pelangsing, asma.Suplemen herbal dan nutrisi tertentu.Kadar elektrolit dalam darah yang tidak seimbang/normal.Makanan tinggi karbohidrat, tinggi gula, tinggi lemak, tinggi garam dan tinggi MSG.

Untuk memastikan penyebab keluhan Anda sebaiknya Anda berkonsultasi dengan dokter agar dilakukan pemeriksaan langsung dan wawancara medis lebih mendalam dalam mendiagnosis kelainan yang Anda alami.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar