Sukses

Usia Bayi Tengkurap
14 Jan 2018, 19:18 WIB
Pria, 21 tahun.

Malem dok Bayi itu kalau tengkurap umur berapa dan jika sudah 6bln blh langsung di kasih makan promina tidak

dr. Reza Fahlevi

Dijawab Oleh:

dr. Reza Fahlevi

Terima kasih telah bertanya menggunakan layanan Tanya Dokter.

Bayi yang baru lahir akan melalui tumbuh kembang dengan pesat dan sangat rentan dengan lingkungan sekitar sehingga membutuhkan perlindungan lebih secara menyeluruh. Saat usia 0 sampai 3 bulan, bayi akan mempelajari hal-hal berikut :

Melihat dan menatap wajah anda. Bayi sudah melihat sejak lahir, namun belum sejelas penglihatan orang dewasa. Seiring waktu penglihatannya makin jelas. Pada bulan pertama kehidupan, bayi cenderung lebih sering tidur karena belum bisa membedakan siang dan malam. Pada usia 2 bulan, penglihatan bayi sudah mulai berkembang menuju sempurna, sehingga bayi dapat mulai mencoba meraih benda yang ada di sekitarnya. Oleh karena itu biasanya kita memberi mainan stimulasi berupa mainan yang digantungkan di atas box bayi mereka untuk mereka coba raih.

Menggerakkan kepala ke kiri kanan

Mengangkat kepala setinggi 45o

Biasanya bayi akan tengkurap dan mulai mengangkat kepala di usia 1 -2 bulan, mengangkat dada usia 2 bulan, dan bertumpu di siku pada usia 3 bulan. Bayi mulai berguling dari posisi tengkurap ke posisi terlentang dan sebaliknya mulai usia 3-5 bulan. Namun, ada kalanya tengkurap baru dijalani bayi pada usia 3 bulan. Awalnya bayi akan memiringkan badan terlebih dahulu. Oleh sebab itu, berilah kesempatan yang banyak bagi bayi untuk mengeksplorasi tubuhnya.

Tertarik pada mainan yang bergemerincing, bereaksi terkejut terhadap suara keras karena pada usia 3 bulan bayi sudah bisa mengenali suara orang tuanya

Usia 3 bulan, kepalan tangannya mulai terbuka. Saat ini ia mulai menggapai mainan dan tangannya ke tengah sehingga berada di depan dada.

Mengoceh spontan atau bereaksi dengan mengoceh

Suka tertawa keras

Membalas tersenyum ketika diajak bicara atau tersenyum

Mengenal ibu dengan penglihatan, penciuman, pendengaran, dan kontak

Adapun perkembangan motorik dengan usia yang dusebutkan di atas hanyalah rata-rata, adanya keterlambatan bila tidak terlalu lama bukan menandakan anak Anda tidak normal. Tiap bayi akan memiliki 'zona waktu' tersendiri, yang terpenting Anda kontrol kesehatan bayi secara rutin pada tahun pertama pada dokter spesialis anak.

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar