Sukses

Gatal pada Testis
14 Jan 2018, 19:17 WIB
Pria, 29 tahun.

Dokter, sy mau tanya. Bagian testis sy terkadang gatal2, dan di bagian area tersebut kulitnya ada yg berwarna putih. Apakah juga mempengaruhi terhadap kesuburan?

dr. Reza Fahlevi

Dijawab Oleh:

dr. Reza Fahlevi

Terima kasih telah bertanya seputar gatal pada testis di fitur Tanya Dokter

Rasa gatal di testis (buah zakar) Anda dapat disebabkan oleh infeksi jamur. Jamur sangat mudah tumbuh pada daerah lembab, salah satunya adalah di sekitar area kemaluan. Infeksi jamur sangat mudah menyebar luas. Jadi, Anda harus menjaga kelembapan daerah selangkangan, yaitu dengan mandi teratur dua kali sehari, berganti pakaian dalam setiap kali banyak berkeringat dan setiap kali mandi, menggunakan bahan yang tipis, dan menghindari penggunaan celana ketat, Anda sebaiknya juga tidak menggunakan handuk ataupun celana bergantian dengan orang lain.

Celana Anda sebaiknya juga direndam terlebih dahulu menggunakan karbol (untuk yang berwarna) selama 1 – 2 jam dan pemutih (untuk warna putih) selama 15 – 30 menit. Selain itu, Anda juga harus menjaga kesehatan dan mempertahankan asupan nutrisi yang baik. Karena walaupun dilakukan pengobatan yang teratur tapi jika tidak diikuti dengan penghilangan sumber penularan dan faktor pencetus, jamur akan muncul kembali.

Perlu diketahui bahwa untuk penanganan optimal pada masalah kulit, perlu dilakukan pemeriksaan langsung. Oleh karena itu kami menyarankan Anda memeriksakan diri Anda ke dokter spesialis kulit dan kelamin untuk dapat dievaluasi secara keseluruhan mengenai gatal di testis Anda dan untuk mendapat penanganan yang tepat.

Demikian informasi seputar gatal pada testis , semoga bermanfaat

0 Komentar

Belum ada komentar