Sukses

Anak Tertelan Benda Asing
14 Jan 2018, 19:08 WIB
Wanita, 20 tahun.

Selamat malam dok, anak saya perempuan usia 8 bln dok, sekitar 4 jam yang lalu anak saya menggigit hp dan menyebabkan anti gores hp saya pecah, pecahannya panjang sekitar 2 cm dan lebar sekitar 2 mm, anak saya menelan pecahan kaca anti gores tersebut, pertanyaan sy apakah pecahan kaca anti gores tersebut bisa keluar pada saat (maaf) anak sy buang air besar? Sy berharap dokter memberikan jawaban dan solusi kepada sy, terima kasih banyak sblmnya dok?

dr. Reza Fahlevi

Dijawab Oleh:

dr. Reza Fahlevi

Terima kasih telah bertanya menggunakan layanan Tanya Dokter.

Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan saat ini. Anak-anak memang sering menelan apapun yang menarik perhatiannya, mungkin untuk selanjutnya dibutuhkan perhatian ekstra atau jauhkan benda-benda yang berbahaya dari jangkauan anak. Umumnya mekanisme tubuh akan mengeluarkan benda asing atau hasil sisa metabolisme dari apapun yang kita telan.

Setelah anak menelan anti gores HP tersebut, Apakah ada keluhan seperti sesak nafas atau batuk?

Jika anak terlihat baik-baik saja dan tetap bisa berbicara, maka kemungkinan benda asing tersebut masuk kedalam saluran pencernaan. Namun jika anak terlihat sesak nafas, Anda harus segera membawa ke rumah sakit, dikhawatirkan benda tersebut masuk ke saluran pernafasan dan hal ini termasuk kedalam kasus kegawatdaruratan. Jika benda yang ditelan bersifat tajam, ada kemungkinan benda tersebut dapat melukai saluran cerna anak.

Kami sarankan Anda segera membawa anak Anda ke dokter untuk dilakukan pemeriksaan fisik secara menyeluruh, nanti disana akan dilakukan juga pemeriksaan penunjang seperti rontgen untuk melihat apakah terdapat benda asing didalam tubuh anak Anda. Pemeriksaan foto polos atau rontgen memang merupakan langkah awal pada setiap orang yang dicurigai tertelan benda asing. Namun, untuk benda-benda yang tidak dapat dilihat pada pada pemeriksaan foto polos (misalnya plastik), dapat dilakukan esofagogram atau esofagoskopi.

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar