Sukses

Penyebab Kulit Gatal
13 Jan 2018, 00:02 WIB
Wanita, 46 tahun.

Assalamualaikum dok .. kalo .dikulit gatal .badan panas dingin .. .dan gatal nya pun terlalu gatal .ga hilang hilang .semacam bindur dok .tolong dok info yg hrus sy lakukan .untuk tindakan penyakit tersebut ..makasih dok wasallam

dr. Alvin Nursalim

Dijawab Oleh:

dr. Alvin Nursalim

Terimakasih telah bertanya seputar kulit gatal melalui fitur Tanya Dokter.

Kami ingin bertanya terlebih dahulu apakah gatal-gatal yang dialami disertai kelainan kulit yang jelas seperti kemerahan atau muncul bentol seperti biduran, kulit bersisik atau yang lainnya?

Sulit bagi kami untuk menentukan kondisi yang Anda alami karena kami tidak dapat memeriksa langsung dan mewawancara Anda lebih dalam.

Secara umum penyebab gatal di kulit dapat berupa alergi, iritasi, hingga kondisi medis seperti penyakit hati, penyakit ginjal, dan diabetes. Yang dapat Anda lakukan saat ini adalah mencari faktor pencetus timbulnya gatal dan menghindari faktor pencetus tersebut. Berbagai hal yang dapat menjadi faktor pencetus adalah cuaca dingin, makanan tertentu, kondisi stress emosional, dsb.

Pada kasus Anda, jelas pemicunya ada di dalam rumah. Pemicu yang ada di dalam rumah bisa terkait dengan adanya tungau debu rumah maupun serangga lainnya, atau bulu binatang peliharaan. Bisa juga berasal dari pemicu lain yang tidak lazim (dan tentunya perlu digali lebih lanjut).

Bila gatal muncul lebih sering dengan intesitas yang lebih berat dan gejala sangat mengganggu, kami sarankan Anda berkonsultasi dengan dokter spesialis kulit yang ahli alergi.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan seputar kulit gatal. Semoga bermanfaat

0 Komentar

Belum ada komentar