Sukses

Berhubungan Intim Setelah Haid, Bisakah Hamil ?
13 Des 2017, 14:58 WIB
Pria, 23 tahun.

Kalau kita ml pas baru habis halangan apa bisa langsung ketahuan hamil dalam 3 hari dokter Tolong blas secepatnya dong dok

dr. Reza Fahlevi

Dijawab Oleh:

dr. Reza Fahlevi

Terima kasih telah bertanya seputar berhubungan intim setelah haid di Fitur Tanya Dokter

Kami mengerti kekhawatiran Anda. Kemungkinan terjadinya pembuahan sangat tinggi jika dilakukan pada masa subur (saat terjadi ovulasi), dimana sel telur keluar dari ovarium dan siap untuk dibuahi sperma. Pada wanita dengan siklus menstruasi yang teratur (28 hari), waktu terjadinya ovulasi dapat diperkirakan sekitar 2 minggu sebelum terjadinya menstruasi berikutnya. Setelah dikeluarkan, sel telur dapat bertahan hidup selama 24 jam, sementara sperma yang telah dikeluarkan dapat bertahan hidup 48-72 jam, karena itu dianjurkan anda melakukan hubungan seksual 2 hari sebelum hingga 2 hari sesudah waktu perkiraan ovulasi.

Umumnya, keterlambatan menstruasi merupakan tanda yang paling mudah dijadikan pegangan. Karena hubungan intim dilakukan pada masa subur, ada/tidaknya keterlambatan menstruasi baru dapat dilihat 2 minggu kemudian. Jika memang terlambat lebih dari 1 minggu dari waktu seharusnya, ada kemungkinan sudah terjadi pembuahan. Karena itu bisa dilakukan pemeriksaan kehamilan dengan test pack. Jika hasil test pack positif, dapat dilakukan pemastian kehamilan dengan pemeriksaan ultrasonografi 2 minggu kemudian.

Demikian informasi seputar berhubungan intim setelah haid ini kami sampaikan, semoga bermanfaat

0 Komentar

Belum ada komentar