Sukses

Gatal di Kemaluan
13 Des 2017, 14:37 WIB
Pria, 19 tahun.

Dok saya mau tanyak nih, ketika saya mencukur bulu kemaluan pada jam 3sore kenapa tiba2 pas jam 4sore dan seterusnya terasa gatal, dan sakit. rasa gatalnya itu kepingin saja garok terus, dan rasa sakitnya itu saya tahan terus. padahal saya udah ikuti tutorial di youtube dan google. mohon sarannya dok, apa yang saya harus lakukan sekarang ini, rasa gatal dan sakitnya gak berhenti-berhenti, saya kasih air tambah sakit. tolong di jawab dok ya.

dr. Reza Fahlevi

Dijawab Oleh:

dr. Reza Fahlevi

Terima kasih telah bertanya seputar gatal di kemaluan di fitur Tanya Dokter

Kami mengerti kekhawatiran Anda. Kemungkinan kulit Anda mengalami infeksi akibat kebiasaan mencukur rambut kemaluan. Sebaiknya Anda memperhatikan kebersihan alat maupun kebersihan area kemaluan Anda sebelum Anda mencukur rambut kemaluan Anda karena hal ini dapat mencetuskan infeksi. 

Untuk mengatasi infeksi, dapat dilakukan penanganan nonfarmakologis dan farmakologis. Terapi nonfarmakologis adalah menghilangkan faktor pencetus. Hal ini dilakukan dengan cara mandi teratur dua kali sehari, berganti pakaian dalam setiap kali banyak berkeringat dan setiap kali mandi, menggunakan bahan yang tipis, dan menghindari penggunaan celana ketat. Sebaiknya Anda juga tidak menggunakan handuk ataupun celana bergantian dengan orang lain. Celana Anda sebaiknya juga direndam terlebih dahulu menggunakan karbol (untuk yang berwarna) selama 1 – 2 jam dan pemutih (untuk warna putih) selama 15 – 30 menit. Selain itu, Anda juga harus menjaga kesehatan dan mempertahankan asupan nutrisi yang baik. Karena walaupun dilakukan pengobatan yang teratur tapi jika tidak diikuti dengan penghilangan sumber penularan dan faktor pencetus, infeksi akan muncul kembali.

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat

0 Komentar

Belum ada komentar