Sukses

Haid Tidak Lancar
11 Des 2017, 15:52 WIB
Wanita, 26 tahun.

Hallo dok,, saya mau tanya dok sy 1 bulan tidak datang bulan dok, sebulan kadang perut ama pinggang sy sakit kadang enggak, perut sebelah kiri bawah kadang lebih berat dan agak mengencang,kadang mual mual,capek,seperti orang hamil dok,tapi pas sy tespek Negatif dok..

dr. Reza Fahlevi

Dijawab Oleh:

dr. Reza Fahlevi

Terima kasih telah bertanya seputar haid dan premenstrual sindrom di fitur Tanya Dokter

Kami mengerti kekhawatiran Anda. Gejala haid dan premenstrual sindrom memang hampir sama. Sindroma Pre-Menstruasi atau PMS adalah sekumpulan gejala fisik & mental yang mengganggu kehidupan sehari-hari yang dialami sebelum menstruasi dan menghilang beberapa hari setelah menstruasi.

PMS normal dirasakan dari 2 minggu sampai beberapa hari sebelum menstruasi dimual. Gejala-gejala premenstruasi tersebut muncul pada fase luteal, atau fase dimana rahim menebal pada masa dimulainya ovulasi dan berakhir dengan dimulainya menstruasi. Sehingga bila PMS Anda terjadi 2 minggu sebelum menstruasi, ini masih bisa dikatakan normal. Gejala PMS meliputi gejala fisik dan emosional. Gejala fisik dapat berupa nyeri kepala, lelah, nyeri otot atau sendi, nyeri pada payudara, wajah berjerawat, susah BAB, dan sebagainya. Sedangkan perubahan dari sisi emosional termasuk gangguan cemas, rasa sedih, perubahan mood (menjadi lebih sensitif, mudah marah, mudah tersinggung), perubahan selera makan (menjadi lebih banyak atau lebih sedikit), susah tidur, dan sulit berkonsentrasi. 

Kehamilan dapat diperiksa dengan test pack 1 hari setelah haid terlambat, meskipun terkadang masih mungkin belum dapat terdeteksi karena kadar hormon kehamilan yang diperiksakan masih rendah. Bila hasilnya agak meragukan (belum terdeteksi), test pack dapat Anda ulang minggu depan atau 2 minggu lagi, bila haid tidak juga datang. Bila memang negatif, berarti kemungkinan besar tidak ada kehamilan.

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat

0 Komentar

Belum ada komentar