Sukses

Tekanan Darah Tinggi
11 Des 2017, 15:14 WIB
Wanita, 45 tahun.

Selamat malam dokter. Saya ingin bertanya. Suami saya berusia 48 tahun. Setahun terakhir ini tekanan darahnya selalu saja 160/ 110-130. Sudah periksa ke dokter dan diberi obat penurun darah mulai dari captopril sampai nivedipine. Tapi tidak ada perubahan sama sekali. Orangnya susah sekali kalau di ajak periksa ke dokter. Suami saya perokok, minum kopi. Bagaimana caranya agar tekanan darahnya dapat turun ?. Apakah harus mengkonsumsi makanan tertentu ?. Atau harus pergi periksa ke spesialis. Terima kasih.

dr. Reza Fahlevi

Dijawab Oleh:

dr. Reza Fahlevi

Terima kasih telah bertanya seputar Tekanan Darah Tinggi di Fitur Tanya Dokter

Kami mengerti kekhawatiran Anda. Hipertensi atau tekanan darah tinggi adalah penyakit yang terjadi akibat peningkatan tekanan darah. Hipertensi seringkali tidak menimbulkan gejala, sementara tekanan darah yang terus menerus tinggi dalam jangka waktu lama dapat menimbulkan komplikasi. 

Target kerusakan organ akibat Hipertensi antara lain:

  1. Otak : menyebabkan stroke
  2. Mata : menyebabkan retinopati hipertensi dan dapat menimbulkan kebutaan
  3. Jantung : menyebabkan penyakit jantung koroner (termasuk infark jantung), gagal jantung
  4. Ginjal : menyebabkan penyakit ginjal kronik, gagal ginjal terminal

Langkah awal terpenting adalah agar menurunkan tekanan darah anda dengan mengikuti gaya hidup sehat seperti aktif berolahraga, mengatur diet atau pola makan seperti rendah garam, rendah kolesterol dan lemak jenuh, meningkatkan konsumsi buah dan sayuran, tidak mengkonsumsi alkohol dan rokok. dan mengkonsumsi obat sesuai dengan petunjuk dokter. Anda dapat berkonsultasi dengan dokter spesialis penyakit dalam atau dokter spesialis jantung agar dilakukan wawancara dan pemeriksaan secara mendetail terkait kondisi Anda sehingga dapat diberikan obat hipertensi dengan tepat. Selain itu dianjurkan juga untuk melakukan pemeriksaan laboratorium dengan panel evaluasi awal hipertensi atau panel hidup sehat dengan hipertensi.

Obat-obatan yang diberikan sesuai dengan klasifikasi yang ada diatas. Contoh obat-obatan yang dapat diberikan adalah.

  1. Diuretik.Penghambat reseptor b
  2. Penghambat EKA
  3. Antagonis reseptor AII
  4. Penghambat kalsium
  5. Antagonis aldosteron

 

Demikian informasi seputar tekanan darah tinggi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat

0 Komentar

Belum ada komentar