Sukses

Penyebab batuk dan demam pada anak
07 Des 2017, 18:26 WIB
Wanita, 4 tahun.

Selamat malam dok, anak saya batuk sampai suara nyaris tidak ada hari ini, demam sekitar 38.5-38.8, muntah setiap kali batuk, dan kalo batuk keras, pup nya lendir, sehari 2 kali, setiap batuk dadanya sakit, warna kulit tangan dan kakinya berubah, setiap panas debar jantung nya cepat

dr. Reza Fahlevi

Dijawab Oleh:

dr. Reza Fahlevi

Terima kasih telah bertanya menggunakan layanan Tanya Dokter 

Demam hanya merupakan suatu gejala dari sebuah penyakit, bukan merupakan penyakit. Demam timbul sebagai respon tubuh akibat rangsangan pada pusat demam di otak, paling sering akibat adanya infeksi. Pada Anak Anda, batuk dan pilek mengindikasikan adanya infeksi pada saluran nafas bagian atas.

Karena demam hanya merupakan suatu gejala, pada saat diberi obat demam maka suhu tubuh akan turun, namun selama penyebab demam belum teratasi, maka demam akan kembali muncul.

Kami sarankan Anda membawa anak Anda ke dokter jika dalam waktu 2-3 hari, demam (terutama demam tinggi) tidak juga dapat teratasi dengan pemberian obat penurun panas biasa seperti paracetamol atau ibuprofen. Untuk mengatasi demam pada anak, Anda juga dapat mengompres dengan air hangat, karena pusat suhu tubuh akan menerima informasi bahwa suhu di sekitar tubuh sedang hangat atau meningkat sehingga tubuh pun akan memberikan respon untuk menurunkan suhunya secara otomatis. Selain itu, gantikan baju anak bila sudah mulai basah dan perhatikan asupan cairan anak untuk mencegah terjadinya dehidrasi.

Flu atau batuk dan pilek pada anak, pada umumnya disebabkan oleh infeksi virus . Infeksi virus akan sembuh sendiri (self limiting disease) dan umumnya akan berlangsung antara 3-14 hari tergantung daya tahan tubuh anak dan memang tergantung ada tidaknya penderita flu di rumah atau orang yang sering berkontak dengan anak. Jika memang ada penderita flu di sekelilingnya, maka anak akan sangat potensial untuk sering mengalami batuk-pilek. Kemungkinan kedua penyebab batuk pilek pada bayi adalah alergi. Saat ini sudah berapa lama buah hati Anda terkena flu?

Menghirup uap panas banyak membantu saat mengalami batuk dan pilek. Jagalah lingkungan agar tetap lembab dan jangan sering menggunakan ruangan ber-AC (kering).

Untuk mencegah agar anak tidak sering batuk-pilek maka seringlah cuci tangan sebelum menggendong anak, hindari anak berkontak dengan penderita flu, dan jaga kebersihan di rumah. Apabila anak mengalami sesak nafas, kebiruan, luar biasa rewel, dan demam lebih dari 72 jam, segeralah menghubungi dokter.

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat.

 

0 Komentar

Belum ada komentar