Sukses

Terlambat Haid, Kenali Penyebabnya
06 Des 2017, 15:41 WIB
Wanita, 20 tahun.

Dok saya mau nanya , saya terakhir mens pada tanggal 23-29 oktober 2017 tapi sampai saat ini saya belum mens juga dok, biasanya siklus mens saya sering maju mundur dok tapi belum pernah sampai selama ini . saya belum menikah dan tidak pernah berhubungan intim dok , kira-kira apa penyebabnya dok? Saya sempat keputihan saya kira karena mau mens ternyata tidak Dan saya merasa perut saya kembung akhir-akhir ini . mohon penjelasan nya dokter , terimakasih.

dr. Reza Fahlevi

Dijawab Oleh:

dr. Reza Fahlevi

Terima kasih telah bertanya seputar terlambat haid di fitur Tanya Dokter

Kami mengerti kekhawatiran Anda. Penyebab-penyebab yang memungkinkan Anda mengalami keterlambatan haid, namun tidak sedang hamil adalah sebagai berikut ini:

• Stres. Stres menyebabkan gangguan malfungsi pada hypothalamus. Hypothalamus sendiri bertanggung jawab untuk memproduksi hormon sepanjang masa menstruasi. Jika proses produksi hormon terhenti, maka telur tidak akan berkembang dan menuju dinding rahim seperti yang normal dilakukan. Alhasil, wanita jadi mengalami terlambat haid hingga lebih dari 28 atau 30 hari lamanya.

• Polycystic ovary syndrome. Seperti dilansir Livestrong, kondisi terhentinya menstruasi ini juga dikenal dengan nama Polycystic ovary syndrome. Sebuah kondisi di mana tubuh memproduksi hormon estrogen dan androgen secara berlebihan, akhirnya proses ovulasi gagal terjadi. PCOS ini sendiri ditandai dengan terlambat haid, jerawat hormon di wajah maupun punggung, kelebihan berat badan, serta minyak berlebihan yang muncul baik di wajah maupun rambut.

• Hypothyroid adalah kondisi keterlambatan haid yang disebabkan kelenjar thyroid yang tidak memproduksi hormon thyroid dengan cukup. Alhasil, ia akan mengganggu siklus menstruasi wanita.

• Terlalu kurus atau olahraga berlebihanWanita yang terlalu kurus atau yang melakukan olahraga berlebihan cenderung memiliki siklus menstruasi yang kacau dan terlambat. Hal ini disebabkan karena tubuh terlalu lelah dan stres, serta hormon yang ada di dalam tubuh tidak seimbang.

• Efek pil kontrasepsi Apabila Anda mengonsumsi pil kontrasepsi, secara otomatis memang kehamilan akan tertunda. Tetapi tak hanya kehamilan saja, bahkan siklus menstruasi akan tertunda sekitar 3-6 bulan lamanya setelah usai mengonsumsi pil kontrasepsi.

Untuk memastikan penyebab periksakan diri Anda secara langsung ke Dokter spesialis obgyn agar dapat diberikan terapi sesuai dengan penyebabnya.

Demikian informasi seputar terlambat haid ini kami sampaikan. Semoga  bermanfaat

0 Komentar

Belum ada komentar