Sukses

Sinusitis
06 Des 2017, 15:25 WIB
Pria, 60 tahun.

Saya umur 60, dari hasil pemeriksaan rontgen adalah sinusitis maksilaris septum deviasi. Di pipi kanan bawah mata ada endapan cairan dari foto rontgen. Apakah penyakit ini berbahaya? Apakah dengan minum obat dan fisioterapi saja bisa sembuh? Ada pantangan makan apa saja? sekarang keluhannya juga adalah jika tidur dengan bantal yg tidak tinggi ada ingus naik. Terimakasih.

dr. Reza Fahlevi

Dijawab Oleh:

dr. Reza Fahlevi

Terima kasih telah bertanya seputar sinusitis di fitur Tanya Dokter

Kami mengerti kekhawatiran Anda. Sinusitis didefinisikan sebagai peradangan pada rongga sinus yang terdapat pada wajah, yang biasanya berisi udara. Peradangan itu sendiri dapat dipicu oleh proses infeksi (bakteri, virus, jamur) atau non-infeksi (alergik) yang dapat menghambat aliran lendir pada rongga sinus. Sebagai akibatnya, dapat timbul beberapa hal, yaitu:

1. Terjadi penumpukan cairan dalam rongga sinus

2. Kurangnya aliran udaraPenurunan aktivitas serabut-serabut silia untuk membersihkan rongga sinus, yang dapat menjadi media untuk pertumbuhan kuman.

Pada kasus infeksi bakteri, faktor penyebab dapat dihilangkan dengan pengobatan antibiotik. Bagaimanapun, pada kasus sinusitis akibat alergi, pengobatan medis hanya dapat membantu Anda mengurangi gejalanya, bukan menghilangkan faktor penyebab alergi. Yang harus dilakukan pada kasus alergi adalah menghindari faktor-faktor pencetusnya. Dalam perjalanannya, apabila sinusitis tidak diobati, infeksi kuman dari sinusitis juga dapat menyebar ke tulang sekitar rongga sinus yang terkena serta organ-organ lainnya. Namun, keadaan ini dapat dicegah dengan penanganan yang cepat dan optimal. Terapi pembedahan (operasi) jarang diperlukan kecuali telah terjadi komplikasi ke organ sekitar sinus.

Yang dapat Anda lakukan adalah memeriksakan ke dokter umum atau dokter spesialis THT untuk mengetahui penyebab dari sinusitis Anda, serta untuk mendapatkan pengobatan dan penanganan yang sesuai. Dari pemeriksaan fisik secara langsung, juga dapat diketahui pakah terdapat sumbatan/obstruksi mekanik seperti kelainan bentuk pada daerah hidung atau murni akibat infeksi atau alergi. Jika ditemukan adanya sumbatan/obstruksi mekanik, maka harus diperbaiki kelainannya. Sedangkan jika memang dicetuskan oleh alergi, maka hindari hal-hal yang menyebabkan alergi.

Demikian informasi yang dapat disampaikan. Semoga bermanfaat,

0 Komentar

Belum ada komentar