Sukses

Penyebab Tangan Kesemutan
15 Nov 2017, 19:07 WIB
Pria, 48 tahun.

Hallo dok .. Saya mau nnya nie akhir"ini ujung jari "tangan saya sering kesemutan dan terasa sakit kenapa ea dok!!! Trimakasih dok.

dr. Alvin Nursalim

Dijawab Oleh:

dr. Alvin Nursalim

Terimakasih telah bertanya tentang penyebab tangan kesemutan menggunakan layanan Tanya Dokter

Secara definisi kesemutan adalah sensasi abnormal pada kulit. Keluhan ini dapat berlangsung sementara atau jangka panjang dengan penyebab yang berbeda.

Sebagai penyebab kesemutan yang sementara antara lain adalah penekanan saraf yang berlangsung lama (seperti saat tidur), frekuensi napas cepat, serangan panik, dehidrasi (kurang cairan), kekurangan suplai darah pada tempat kesemutan, dsb. Sedangkan kesemutan kronis dapat disebabkan oleh:

gangguan otak, saraf tulang belakang atau saraf tepi, termasuk di dalamnya adalah trauma, stroke, perdarahan otak, tumor, infeksi otak dan selaputnya, penyempitan saraf (carpal tunnel syndrome), melakukan gerakan berulang atau getaran jangka panjang, dsbgangguan jantung dan pembuluh darahgangguan metabolik dan hormonal: diabetes, gula darah rendah, gangguan hormon tiroid, menopause, kadar kalsium, kalium, natrium, ureum abnormal.infeksi dan sindrom post-infeksigangguan jaringan ikat dan imunitaskelainan darah, kulit, tulang, dan sendikurang nutrien: vit B1 (beriberi), vit B5 dan B12keganasandsbMengingat banyaknya faktor yang dapat menyebabkan, idealnya perlu dilakukan evaluasi lebih lanjut untuk mengetahui penyebab kesemutan yang Anda rasakan. Namun mempertimbangkan bentuk aktivitas Anda sehari-hari, penyebab yang paling memungkinkan adalah akibat penyempitan saraf medianus yang dalam bahasa medis disebut sindroma terowongan karpal (Carpal Tunnel Syndrome/CTS).

Terowongan karpal merupakan terowongan tulang yang terbentuk dari tulang-tulang pergelangan dari tiga sisi serta jaringan ikat yang berjalan melintasi pergelangan tersebut. Pembengkakan, akumulasi cairan, diabetes, dsb dapat meningkatkan tekanan pada rongga yang kecil ini, sehingga menekan saraf medianus yang berjalan di dalamnya. Saraf medianus mempersarafi jempol, jari telunjuk, tengah, dan setengah dari jari manis. Karena itu, penekanan saraf tersebut menimbulkan gejala seperti kesemutan dan nyeri, terutama pada keempat jari tersebut, dan dapat menjalar ke atas.

Cara mengatasi rasa kesemutan dan nyeri yang ada adalah dengan menghindari aktivitas-aktivitas yang membutuhkan gerakan pergelangan tangan yang repetitif dan membutuhkan tenaga. Gerakan-gerakan tersebut dapat membuat gejala memberat. Jika keluhan terutama dirasakan saat malam hari, ubahlah posisi tidur dan coba letakkan lengan di atas satu atau dua bantal. Janganlah tidur dengan posisi tangan tertindih. Jika terasa nyeri sewaktu bangun, goyang-goyangkanlah tangan ibu Anda. Oleh karena CTS dapat timbul akibat akumulasi cairan tubuh yang berlebihan, batasilah asupan garam ibu Anda untuk mengurangi jumlah cairan dalam tubuh.

Apabila setelah menerapkan tips di atas kondisi belum juga membaik, segeralah berkonsultasi dengan dokter spesialis saraf atau dokter spesialis rehabilitasi medik untuk tatalaksana yang lebih optimal dengan rehabilitasi atau fisioterapi. Dokter mungkin akan memberikan ibu Anda semacam bidai di tangan guna memposisikan tangan dan mengurangi rasa tidak nyaman. Bidai ini akan membatasi gerak tangan dan dapat dipakai di malam hari.

Adapun nyeri lutut yang Anda gambarkan dapat terjadi akibat peradangan pada sendi dan/atau tulang yang terutama disebabkan oleh beban tubuh yang ditopangnya. Untuk memastikannya, perlu dilakukan evaluasi lebih lanjut dengan melakukan wawancara medis, pemeriksaan fisis, dan pemeriksaan penunjang apabila diperlukan. Yang dapat Anda lakukan sementara ini adalah:

Cobalah untuk mengistirahatkan kaki AndaKompres panas dan dingin untuk menangani nyeri. Kompres hangat dapat diberikan selama 20 menit, beberapa kali sehari. Kompres dingin dapat diberikan bila tidak ada gejala baal atau sirkulasi yang tergangguGunakan krim atau jel yang tersedia di apotek untuk mengurangi nyeri. Beberapa krim bekerja dengan memberikan sensasi panas atau dingin atau mengandung zat aktif tertentu yang akan diserap melalui kulit dan mengurangi nyeri.Apabila menurut hasil pemeriksaan dokter dugaan di atas terbukti benar, maka dokter akan menyarankan Anda untuk melakukan fisioterapi untuk memelihara mobilitas sendi dan meningkatkan kekuatan otot. Memperkuat otot-otot di sekitar sendi dapat memberikan efek proteksi terhadap sendi yang terkena dengan meningkatkan penyerapan tekanan dan mengurangi beban terhadap sendi.

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar