Sukses

KB dan Tidak Haid
14 Nov 2017, 09:31 WIB
Wanita, 28 tahun.

Malam dok, saya udh menikah selama 5 thun, dan udh 4 thun menggukan Kb suntik, thun prtama sya mnggukan kb suntik 1 blun, tpi stelah itu sya ganti yg 3 buln. Tpi stelah ganti sya ga prnah haid dok, dan berat bdan sya naik trus, perut saya juga membuncit. Krna ga nyaman, trakhir sya ganti suntik yg 1 buln lgi, tpi setelah 4 buln sya ga juga dtang haid. Dan sya ganti suntik 3 bln lgi, selama 2 x, lalu sya memutuskn untuk brhenti KB. Pertanyaan sya dok, knpa sya ga kunjung datang haid, setelah sya brhenti KB slma 3 buln ini ? Mohon penjelasan nya Dok !

Terima kasih sudah bertanya mengenai KB Implanmelalui fitur Tanya Dokter

Pil KB, suntik KB, ataupun implan merupakan kontrasepsi oral hormonal memang berisikan hormon yang mempengaruhi kadar hormonal di tubuh. Respon setiap wanita berbeda-beda di dalam menerima kontrasepsi ini, begitu pula pengembalian kesuburannya.

Implan mengandung hormon reproduksi sintetik (progestogen dan kombinasi estrogen-progestogen) yang berfungsi untuk mengatur hormon dalam tubuh manusia guna mencapai manfaat yaitu mencegah terjadinya kehamilan. Efek samping yang mungkin terjadi dari konsumsi pil KB bervariasi pada tiap individu-perdarahan bercak, sakit kepala, payudara tegang, rasa penuh ataupun yang berhubungan dengan risiko penyakit jantung dan pembuluh darah

Menstruasi terjadi karena adanya perubahan hormonal pada seorang wanita. Pada pengguna KB suntik, hormon cenderung terjaga stabil sehingga wajar adanya bila mengalami tidak haid. Kondisi tersebut bersifat normal. Begitupun setelah penggunaan KB lama, akan terjadi perubahan pengaturan produksi hormon berkaitan dengan KB di dalam tubuh, sehingga beberapa kasus pasien mengalami tidak haid sejak lepas KB. Kondisi ini umumnya akan membaik dengan sendirinya.

Demikan informasi mengenai pil KB kami sampaikan, semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar