Sukses

Penanganan Luka Jari
13 Nov 2017, 22:07 WIB
Pria, 21 tahun.

Dok sya mau tanya ni. Saya mengalami pnyakit luka di bawah jari manis kaki sebelah kanan. Luka nya sudah berbulan bulan tidak sembuh sudah di tnayakn ke dokter di kasi obat juga tidak sembuh. Yg ada malah makin parah. Pnyakit nya itu berlobang. Kira kira itu pnyakit apa ya dok. Mohon jawaban nya ya dok pleases

dr. Alvin Nursalim

Dijawab Oleh:

dr. Alvin Nursalim

Terima kasih telah bertanya tentang luka jari menggunakan layanan Tanya Dokter

Kami turut prihatin dengan kondisi yang Anda alami. Sedalam apa luka pada jari Anda? Penanganan pada luka sangat bergantung pada kedalaman dan keterlibatan jarinan yang terkena.

Apabila luka yang terjadi pada Anda hanya mengenai kulit atau jaringan ikat bawah kulit maka terapinya hanya berupa pembersihan luka. Akantetapi apabila kedalaman luka lebih dari itu, misalnya mengenai otot atau jaringan yang lebih dalam lagi, terdapat perdarahan aktif atau jaringan luka terbuka lebar sehingga sulit untuk merapat dengan sendirinya maka mungkin diperlukan penjahitan pada luka.

Apabila dokter Anda memutuskan untuk membersihkannya saja maka mungkin luka yang Anda alami hanya sedalam jaringan ikat bawah kulit sehingga tidak memerlukan penjahitan.

Mengingat luka Anda berada tepat di buku jari, maka fisioterapi yang baik sangat diperlukan setelah penyembuhan luka. Lakukan gerakan seperti meremas bola pada tangan Anda dan kemudian meregangkannya agar tidak terjadi pengerutan di bagian luka. Akantetapi fisioterapi ini sebaiknya dilakukan saat luka benar- benar telah sembuh agar perapatan jaringan benar- benar telah sempurna.

Jangan lupa untuk memeriksakan diri kembali ke dokter yang telah menangani Anda agar dapat dipantau proses penyembuhan dan dapat mendiskusikan lebih jauh terkait fisioterapi pasca penyembuhan Anda.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat dan Anda lekas pulih.

0 Komentar

Belum ada komentar