Sukses

Wajah Merah Setelah Pakai Krim
13 Nov 2017, 21:52 WIB
Pria, 19 tahun.

Sok, saya mau tanya. 2hari yg lalu saya beli skincare, karena sudah 2bulan lebih saya gk pake skincare sm sekali. Tipe kulit saya berminyak, karena itu kemarin lusa saya nyoba beli. Tapi kemarin wajah saya bintik2 kyak jerawat kecil2 dan gatal dok, setelah pake creamnya langsung merah. Itu karena tidak cocok dg skincarenya apa bagaimana? Terus bintik2 ini sampe kapan dok? Ini di semua wajah dok. Kasar sekali di wajah. Mohon jawabannya (: terimakasih

dr. Alvin Nursalim

Dijawab Oleh:

dr. Alvin Nursalim

Terima kasih karena Anda telah menggunakan fasilitas e-konsultasi dari KlikDokter.com

Kami mengerti rasa khawatir anda dengan keluhan jerawat anda. Pertama izinkan kami menjelaskan tentang pencegahan jerawat. Penyebab pasti jerawat memang belum diketahui, namun ada berbagai faktor yang diketahui berkaitan dengan penyakit ini:

StressFaktor hormonal. Salah satu faktor penting yang menyebabkan timbulnya jerawat adalah meningkatnya produksi hormon testosteron, yang dimiliki oleh tubuh pria maupun wanita. Hormon testosteron yang terdapat dalam tubuh pria maupun wanita memicu timbulnya jerawat dengan merangsang kelenjar minyak (sebaceous gland) untuk memproduksi minyak kulit (sebum) secara berlebihan.Kelenjar minyak yang terlalu aktifKeturunan dari orangtuaBakteri di pori-pori kulitPengobatan jerawat didasarkan dengan cara mengurangi produksi minyak, melawan infeksi bakteri, mempercepat pergantian sel kulit dan mengurangi peradangan. Sebagian besar obat-obatan jerawat belum memberikan hasil dalam 4-6 minggu pertama. Pengobatan yang diberikan dapat termasuk pengobatan luar dan juga obat-obatan minum.

Kulit kemerahan dan rasa seperti terbakar yang Anda rasakan kemungkinan besar disebabkan karena penggunaan Tretinoin, bentuk asam dari vitamin A yang dapat membentuk struktur atau lapisan kulit baru untuk menggantikan lapisan kulit luar yang rusak. Selain dua keluhan yang Anda sebutkan, adanya pengelupasan, gatal, kulit kering ataupun kondisi jerawat yang semakin memburuk juga mungkin terjadi selama 2 hingga 4 minggu pertama pemakaian obat. Efek ini biasanya berkurang apabila penggunaan obat diteruskan dan diseimbangkan dengan pemakaian pelembab beserta dengan tabir surya di siang hari.

Infokan keluhan ini kepada Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin yang menangani Anda, apabila memang terdapat indikasi untuk mengganti obat-obatan yang Anda gunakan, baik jenis maupun dosisnya. Kami sarankan agar tidak berganti-ganti dokter karena penanganan kulit berjerawat memang membutuhkan waktu yang lama sehingga perlu pemantauan dan kesabaran. Jika berganti-ganti dokter, maka setiap dokter baru biasanya akan memulai pengobatan dari awal lagi. Selain dari obat-obatan luar dan obat-obatan minum, Anda juga perlu memperhatikan diet dan kebersihan wajah.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

1 Komentar

  • Aris Setiono

    Dok...mau tanya bengkuang biasa untuk buah ...kalau kita parut di ambil sari patinya terus untuk masker ada efecknya gak ya Dok....Terima kasih