Sukses

Nyeri Bawah Tulang Rusuk
13 Nov 2017, 21:48 WIB
Pria, 17 tahun.

Kalau bagian badan sebelah kanan bawah rusuk saat olahraga sering nyeri itu kenapa ya dok?

dr. Alvin Nursalim

Dijawab Oleh:

dr. Alvin Nursalim

Terimakasih telah bertanya tentang Nyeri Di Bawah Rusuk melalui fitur Tanya Dokter.

Mohon maaf atas keterlambatan kami dalam menjawab konsultasi Anda. Kami sangat senang karena Anda mempercayakan layanan konsultasi kami untuk membantu mengatasi masalah kesehatan Anda dan keluarga.

Tulang rusuk adalah tulang-tulang rongga dada yang melindungi paru. Keluhan nyeri yang Anda rasakan bisa disebabkan oleh gangguan otot dan tulang, kelainan paru, hati, empedu maupun lambung. Bila ini disebabkan karena gangguan otot dan tulang, nyeri biasanya muncul karena perubahan posisi, berlangsung sebentar sekitar 1-2 menit, dapat disertai nyeri saat ditekan dan tidak berhubungan dengan menarik nafas. Sedangkan bila nyeri juga dirasakan saat menarik nafas, ada kemungkinan berhubungan dengan paru atau selaput pembungkus paru (pleura).

Keluhan nyeri di bawah rusuk kanan yang terkait organ hati, empedu maupun lambung biasanya disertai rasa mual, muntah, kembung atau cepat kenyang.

Bagaimana dengan Anda, apakah Anda mengalami keluhan-keluhan lain seperti yang telah disebutkan di atas? Untuk mengurangi rasa nyeri Anda dapat mengkonsumsi parasetamol terlebih dulu. Apabila tidak juga membaik, sebaiknya periksakan diri ke dokter agar dapat diperiksa secara menyeluruh. Ada kemungkinan dokter akan melakukan pemeriksaan rontgen dada bila perlu.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan tentang Nyeri Di Bawah Rusuk. Semoga bermanfaat untuk Anda.

0 Komentar

Belum ada komentar