Sukses

Cara Mendidik Anak
13 Nov 2017, 20:51 WIB
Pria, 28 tahun.

selamat pagi, bp/ibu mohon maaf saya risty mau menanyakan saya mempunyai anak laki2 umur 6 tahun besuk feb tahun depan, posisi saya dan suami kerja, dari kecil emang dekat dengan neneknya karena dr kecil klu saya tinggal kerja dengan neneknya. dan anak saya itu klu minta apapun harus dituruti kalau tidak dia akan menangis sejadi2nya dan mengamuk. bulan ini puncaknya2 dia ga bisa di atur lagi, mulai memaksakan kehendaknya, minta barang harus, sekolah harus ditemeni neneknya, diajak pulang kerumah susah, minta dirumah neneknya tapi harus dengan kami orang tuanya.yang saya tanyakan bagaimana mengatasi anak seperti itu?terima kasih

dr. Alvin Nursalim

Dijawab Oleh:

dr. Alvin Nursalim

Terima kasih telah bertanya tentang cara mendidik anak menggunakan layanan Tanya Dokter

Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan. Mendidik anak dan menyediakan pendidikan bagi anak memang merupakan hal yang penuh tantangan bagi para orang tua. Semakin meningkat usianya, maka anak akan terus belajar dari lingkungannya. Anak akan meniru apa yang dilihatnya dan melakukan seperti yang dilihatnya. Untuk itu, penting untuk tetap mendidik anak secara emosional, psikologis dan akademis secara seimbang. Pendidikan akademis akan membantu anak mengembangkan kemampuan akademisnya. Pendidikan psikologis akan membantu anak belajar bertanggung jawab dan berdisiplin. Pendidikan emosional akan mendidik anak memiliki empati yang tepat. Untuk itu peran serta orang tua di rumah sangat besar. Bimbingan dari orang tua untuk meneladankan disiplin, tanggung jawab serta membimbing anak mengenal benar dan salah di usia dini memegang peranan besar pada perilaku anak.

Sebenarnya tidak ada anak yang nakal. Yang perlu diterapkan adalah kasih sayang yang tegas dalam membimbing anak, mengenal apa yang benar dan salah. Anak belum tahu apa yang benar dan salah, apa yang baik dan tidak baik, apa yang sopan dan tidak. Untuk itu, tugas orang tualah untuk memberikan bimbingan yang terarah untuk membantu anak mengenal apa saja yang dilakukannya apakah benar atau salah. Bila anak bertingkah laku salah, nakal, tidak sopan, orangtua dapat memberitahu dan mencontohkan yang baik dan seharusnya.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar