Sukses

Penyebab Badan Menggigil
12 Nov 2017, 16:49 WIB
Wanita, 18 tahun.

Dok maaf saya mau bertanya sudah 4 hari ini saya demam, pada waktu hari pertama demam saya tidak merasakan kejanggalan apapun, namun ketika saya akan tidur di malam hari tiba tiba seluruh tubuh saya menggigil, setelah beberapa jam saya kemudian minum obat pct namun demam saya tak kunjung membaik, gelisah, susah tidur, dan tidak nyaman pada tubuh saya, keesokan harinya demam saya mulai membaik, namun saya merasa sakit pada bagian bokong yang membuat saya tidak nyaman dan kepala saya terasa sakit, sampai hari keempat ini tidak ada tanda gejala lain yang saya rasakan, tidur tidak nyenyak terasa ngilu di sendi, dan juga lemas, panas pun selalu turun dan naik dengan frekuensi yang berbeda, kadang demam di malam hari, pagi atau pun siang hari seperti sekarang ini saya merasa badan saya tidak enak setelah di temp suhu saya 39.0, bagai mana penyelesaian gejala saya ini dok, terimakasih..

dr. Alvin Nursalim

Dijawab Oleh:

dr. Alvin Nursalim

Terima kasih karena Anda telah bertanya tentang penyebab badan menggigil menggunakan fitur Tanya Dokter

Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan, Oleh karena itu ijinkan kami menjelaskan sedikit mengenai menggigil. Secara umum setiap menggigil merupakan mekanisme tubuh untuk menghasilkan panas dalam tubuh sehingga suhu tubuh akan meningkat. Tubuh akan terus menggigil dan kedinginan sampai suhu tubuh sama dengan set point suhu yang baru (yang lebih tinggi) yang telah diatur oleh otak.

Ketidakmampuan tubuh untuk mentoleransi dingin dapat disebabkan oleh banyak hal. Hal ini dapat merupakan kondisi normal pada beberapa variasi genetik yang memang tidak dapat mentoleransi dingin dan tidak perlu diobati. Hal ini diatasi dengan berpakaian lengan panjang atau hangat. Namun, hal ini dapat menandakan beberapa penyakit metabolik seperti kelainan hormon tiroid yang rendah (hipotiroid) atau efek samping dari obat-obat jantung dan psikiatri.

Kami tidak dapat menyatakan apa yang menyebabkan kondisi menggigil yang Anda rasakan karena wawancara medis yang mendetil serta pemeriksaan fisik lengkap dan pemeriksaan penunjang yang diperlukan (pemeriksaan darah, pemeriksaan hormon, dll). Oleh karena itu kami menyarankan Anda agar memeriksakan diri ke dokter, agar diketahui dengan pasti kondisi yang Anda alami dan Anda mendapatkan terapi ( pengobatan ) yang maksimal.

Baca pula artikel artikel berikut untuk menambah informasi Anda.

Menggigil Kedinginan

Jantung Vs. Psikosomatis

Psikosomatis?

BAB keras berdarah(3)

Herpes Simpleks Virus

Penis merinding

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar