Sukses

Penyebab Perdarahan Vagina
12 Nov 2017, 16:23 WIB
Wanita, 16 tahun.

Selamat siang dok, nama saya Anggun. saya mau konsultasi dok. Jadi tante saya itu, dari semalem itu ngeluarin darah terus menerus dok dari maaf kemaluannya. Tante saya bilang dia ga haid sebulan. Tau-tau tadi malem itu keluar darah, terus deres banget seperti orang buang air kecil. Udah dikasih pembalut tumpuk-tumpuk masih aja tembus. Terus itu tadi pagi tante saya udah periksa, pasti udah dikasih obat kan dok, tapi masih belum ada hasilnya. Itu kira-kira kenapa ya dok, terus faktornya karena apa ? Juga cara pengobatannya bagaimana ? Takutnya saya itu tante saya terkena miom, atau kista bahkan kanker dok ? Mohon bantuannya dok. Terima kasih.

dr. Alvin Nursalim

Dijawab Oleh:

dr. Alvin Nursalim

Terima kasih telah bertanya tentang perdarahan vagina setelah berhubungan intim melalui fitur Tanya Dokter.

Perdarahan vagina setelah berhubungan intim merupakan hal yang umum terjadi dapat dapat terjadi ketika Anda tidak haid atau tidak sedang menjelang haid. Walaupun disebut perdarahan vagina, istilah ini sebenarnya merujuk kepada perdarahan vagina dan bagian lain dari sistem kemih dan kelamin Anda.

Perdarahan vagina setelah berhubungan intim paling sering terjadi pada wanita muda yang masih dalam rentang usia reproduksi. Jika terjadi pada usia ini, umumnya tidak memerlukan konsultasi dokter lebih lanjut. Bila terjadi pada wanita yang sudah menopause, harus diperiksakan ke dokter sebab jarang terjadi dan harus diketahui apa penyebabnya.

Pada wanita yang belum menopause, sumber perdarahan biasanya di leher rahim. Pada wanita dengan leher rahim yang sehat, friksi dan cedera ringan akibat hubungan seksual dapat menyebabkan perdarahan. Peradangan leher rahim atau kelainan lainnya (yang sebagian besar tidak membahayakan) dapat menyebabkan perdarahan. Kadangkala, perdarahan vagina akibat hubungan seksual dapat merupakan tanda dari penyakit infeksi menular seksual.

Bila perdarahan dialami sesekali setelah berhubungan seksual, kemungkinan tidak ada yang perlu dicemaskan. Tetapi bila kerap terjadi sebaiknya konsultasikan dengan dokter kandungan.

Terkait dengan nyeri perut setelah berhubungan intim, dapat Anda baca di sini: Penyebab Nyeri Perut Setelah Berhubungan Intim.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan seputar perdarahan setelah berhubungan intim. Semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar