Sukses

Haid Tidak Teratur dan Pil KB
13 Okt 2017, 21:19 WIB
Pria, 22 tahun.

dok saya ibu 1 anak umur 22 th saya KB iud sudah 2th lbh semenjak pakai kb sya tidak pernah telat mens sampai berminggu2 paling telat 1-3hari saja, nah bulan september kemarin yang seharusnya tgl 26/28an saya datang bulan ini saya tidak datang bulan juga sampai hari ini tgl 13/10 saya sudah testpack dan hasilnya negatif, lalu saya jg merasakan : keram perut seperti mau mens, gampang lelah dan ngantuk, buang air lbh sering dr biasanya, keputihan, kadang mual di malam hari. yang saya mau tanyakan apa kemungkinan besar saya hamil/tidak hamil dok? apakah TP 100% akurat karena saya belum telat 1 bulan baru 2mingguan ? mohon dijawab ya dok terima kasih.

dr. Alvin Nursalim

Dijawab Oleh:

dr. Alvin Nursalim

Terima kasih telah bertanya tentang penyebab haid tidak teratur menggunakan layanan Tanya Dokter

Menstruasi yang tidak teratur memang merupakan salah satu efek samping dari pil KB (bisa lebih jarang ataupun lebih sering). Efek samping lain yang juga dapat ditemukan, antara lain:

Spotting atau keluarnya bercak-bercak darah di luar siklus menstruasiRasa nyeri payudaraSakit kepalaMualRasa kembungPeningkatan berat badan (jadi harus meningkatkan aktivitas fisik)Tidak menstruasi (lebih sering pada KB suntik)

Pemilihan metode KB memang sangat individual, karena efek samping yang terjadi dapat berbeda-beda pada masing-masing wanita. Untuk itu, Anda dapat terus mengkonsultasikan hal ini dengan dokter Anda untuk mendapatkan metode KB yang paling sesuai untuk Anda.

Demikian yang dapat kami sampaikan tentang haid tidak teratur, semoga bermanfaat.

 

0 Komentar

Belum ada komentar