Sukses

Penyebab Rambut Rontok
13 Okt 2017, 16:33 WIB
Wanita, 18 tahun.

. Dok , saya Sering kali pusing mual dan kmudian rambut saya rontok luar biasa tdak hanya jika di sisir jika di lepas ikatan rambutnya pun pasti berguguran . Juga di sertai pusing yg bekepanjangan Berdenyut langsung ke mata dan membuat berat kepala. juga Mual dan sering kali pingsan saya harap dokter bisa memberi masukan

dr. Alvin Nursalim

Dijawab Oleh:

dr. Alvin Nursalim

Terima kasih karena Anda telah bertanya tentang penyebab rambut rontok menggunakan fasilitas Tanya Dokter

Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan, oleh karena itu ijinkan kami menjelaskan sedikit mengenai rambut rontok. Kerontkan rambut banyak penyebabnya bisa saja karena pengaruh genetik atau karena berhubungan penyakit seperti infeksi jamur atau hipotiroid.Namun untuk menegakkannya diperlukan pemeriksaan fisik langsung. Izinkan kami menjelaskan tentang berbagai penyebab kerontokan rambut.

Pertumbuhan rambut normal berlangsung selama 2-6 tahun. Masing-masing rambut tumbuh sebanyak 1 cm/bulan dalam fase ini. Sekitar 90% dari rambut di kepala tumbuh setiap saat, 10% sisanya dalam fase istirahat. Setelah 2-3 bulan, rambut yang berada dalam fase istirahat rontok dan rambut baru mulai tumbuh pada tempat yang sama. Suatu hal yang normal apabila mendapatkan rambut yang rontok setiap hari. Rata-rata kulit kepala memiliki sekitar 100.000 helai rambut, dan secara kasar 50-100 helai rambut dapat rontok setiap hari. Hal tersebut masih berada di dalam batas normal.

Rambut tipis diakibatkan karena kerontokan. Jika rambut Anda sudah rontok sekitar lebih dari 100 helai rambut/hari, terdapat beberapa hal yang dapat menjadi faktor penyebab, yaitu faktor herediter (keturunan) dan faktor yang didapat (karena penyakit atau keadaan tertentu). Rambut rontok yang disebabkan oleh faktor herediter, tidak dapat disembuhkan, yang dapat dilakukan adalah mencegah agar kerontokan rambut tidak terlalu cepat. Sedangan untuk faktor yang didapat, dapat disebabkan oleh karena penyakit tertentu seperti jamur pada kulit kepala, anemia, demam, sakit tifus ataupun akibat keadaan-keadaan tertentu seperti salah perawatan rambut. Ada beberapa tips yang dapat Anda lakukan, untuk mencegah kerontokan rambut seperti:

banyak makan makanan yang banyak mengandung protein dan zat besihindari streshindari obat-obatan yang mengganggu pertumbuhan rambutrajin olah raga untuk memperlancar peredaran darahcukup istirahatstop merokok (pada yang merokok)hindari pemakaian pengering rambut dan keramas dengan air panashindari pemakaian bahan - bahan kimia di rambut Bila hal-hal tersebut telah Anda lakukan, tapi kerontokan tidak kunjung berkurang, segeralah berkonsultasi ke Dokter Spesialis Kulit untuk dievaluasi akan kemungkinan adanya infeksi jamur pada kulit kepala Anda atau penyebab lain yang mendasari. Biasanya terapi yang diberikan antara lain adalah pemberian suntikan obat-obatan langsung pada kulit kepala (mesotherapy), PRP therapy hingga transplantasi rambut untuk efek jangka panjang.

Untuk mendapatkan informasi lebih lanjut mengenai makanan yang dapat dikonsumsi untuk mencegah rambut rontok, Anda dapat membaca artikel yang berjudul Makanan Cegah Rambut Rontok.

Baca pula artikel artikel berikut untuk menambah informasi Anda.

Rambut Rontok? Ini Sebabnya!Saran Medis untuk Solusi Ketombe MembandelMakanan Pencegah Rambut RontokMengatasi Rambut Rontok Ibu HamilSolusi Rambut Rontok Setelah KehamilanPengaruh Gejala Thyroid Terhadap DietMakanan Cegah Rambut RontokDemikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda.

0 Komentar

Belum ada komentar