Sukses

Tumbuh Kembang Anak
11 Okt 2017, 21:55 WIB
Wanita, 30 tahun.

Hallo dokter, Sy dian, mau tanya. Anak sy usia 2thn susah sekali makan. Melihat makanan seperti "ilfeel" bahkan bs marah klo sy mulai menawarkan. Kadang sy tiba2 masukin ke mulutnya langsung dilepeh. Bb nya 13kg tinggi kira2 86cm. Minum sufor dr usia 2bln. Pengennya minum susu sm ngemil aja, ngemil pun cm sdikit. Perutnya sering kembung & sperti mau muntah (mungkin karna kbanyakan sufor), malah klo nangis beneran muntah. Ada lg yg unik, klo ketawa biasanya suka cegukan (ketawa lama pasti cegukan). Oya anak sy jg spertinya termasuk lambat bicara, usia 2thn tp kata2 yg diucapkan banyak yg ga jelasnya. Kira2 knp ya dok? (Susah makan & ketawa langsung cegukan) Apa perlu dites atau misal dicek darah untuk mengetahui diagnosa klo2 ada apa2 dengan anak sy? Terima kasih atas jwbnnya ya dok..

dr. Rio Aditya

Dijawab Oleh:

dr. Rio Aditya

Terima kasih telah bertanya seputar tumbuh kembang anak melalui fitur Tanya Dokter.

Seharusnya, pada usia 2 tahun anak sudah bisa berbicara dalam kalimat dan mulai dapat bersosialisasi dengan lingkungannya. Apakah anak anda tidak mengalami gangguan pada pendengarannya? Bagaimana dengna stimulus yang diberikan, apakah sering diajak berbicara? Stimulus yang diberikan sangat berdampak terhadap perkembangan anak. 

Selain itu, usia 2 tahun seharusnya porsi makanan lebih banyak dibandingkan dengan susu. Apabila hanya susu saja, nutrisi yang didapatkan tidak penuh dan dapat berdampak bagi tiumbuh kembang anak. Cobalah untuk membuat makanan yang lebih bervariasi dengan bumbu yang beraneka ragam serta bentuk yang menarik. Buatlah suasana makan yang menyenangkan agar anak anda tidak bosan. Tetapi untuk memastikan apakah terdapat keterlambatan / gangguan bicara, sebaiknya anda berkonsultasi dengan dokter spesialis anak untuk pemeriksaan lebih lanjut.

Demikian informasi yang bisa disampaikan seputar tumbuh kembang anak, Semoga bermanfaat

0 Komentar

Belum ada komentar