Sukses

Anak Sulit BAB
11 Okt 2017, 14:58 WIB
Wanita, 21 tahun.

Halo dok saya mau nanya Anak saya berumur baru 5 bulan. Umur 0 sampai 4bulan saya bantu minum susu formula bebelac tapi seiring bertambah bulan susah bab dan sembelit saya sudah ganti susu nutrilon dan lactogen tapi tetap sama saja kalau bab 5hari sekali minta tolong bantuannya ya dok

dr. Rio Aditya

Dijawab Oleh:

dr. Rio Aditya

Terima kasih telah bertanya seputar anak sulit BAB melalui fitur Tanya Dokter.

Kami memahami kekhawatiran Anda. BAB pada anak memang bergantung pada asupan makanan yang diberikan. Bayi yang diberikan susu formula lebih sulit untuk dicerna, umumnya gerakan usus pada bayi-bayi ini lebih lambat sehingga mengakibatkan BAB lebih jarang, tinjanya lebih tebal. Selain itu jika frekuensi masuknya susu juga kurang, bayi cenderung lebih sulit BAB. Alergi terhadap susu sapi juga bisa menyebabkan keluhan seperti yang anak anda alami.

Jika anak Anda diberikan susu formula, perlu diketahui apakah konsumsi susu formula dengan kadar zat besi tinggi, susu formula dengan kandungan lemak nabati misalnya kelapa sawit, atau pembuatan susu formula terlalu pekat. Jadi perlu diperhatikan kembali jenis susu formula yang dikonsumsi dan bagaimana pembuatan dan penyajiannya. Anda dapat menyiasatinya dengan memberikan susu formula yang lebih encer (tidak terlalu kental) agar lebih mudah dicerna, dan pastikan agar bayi Anda tidak kurang minum.

Jika keluhan dirasakan sangat menganggu, kami sarankan anak Anda untuk konsultasi dengan dokter spesialis Anak agar dapat dilakukan pemeriksaan fisik secara menyeluruh.

Demikian informasi yang bisa disampaikan seputar anak sulit BAB, Semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar