Sukses

Estimasi Usia Kandungan
11 Okt 2017, 14:33 WIB
Wanita, 23 tahun.

Selamat malam dok.. Saya melliana umur 23thn Mau tanya nih dok.. Awal nya Tgl 26 maret 2017 hari pertama terakhir haid Tgl 11 mei 2017 aku TP Alhamdulillah positif tapi 2garis 1 samar Karna aku penasaran Tgl 15 mei 2017 tes usg di RS tapi belum terlihat kantung nya, dokter ngusulin cek lab dan hasil nya positif. Waktu itu aku ga nanya usia kandungan nya berapa, pertama kurang begitu pah dan bingung, seneng juga sudah bener positif.. Suruh balik lagi 1 bulan berikut nya. Lalu karna RS nya aga jauh dari rumah, Aku mutusin buat cek ke bidan terdekat. Tgl 7 juni 2017 aku cek ke bidan + usg hasil nya sudah nampak janin ku, menurut usg usia nya 8minggu ( kalo hitungan dari haid harus nya 14minggu 5 hari) Aku tanya bidan kata nya ikutin usg aja.. Setiap bulan aku cek ikutin awal hasil usg. Dan Pada tgl 7 agustus 2017 cek kandungan usia kandungan 17 minggu. Lalu bulan september aku ganti bidan, Disana cek usg Tgl 11 sep 2017 cek usg lagi karna aku ngeluh nyeri di perut bawah kiri, Dari hasil nya normal tp dari usg tsb usia kandungan ku 23minggu 5 hari berati 6 bulanan. Aku bingung dok.. Jarak dari 7 agustus ke 11 sep kan hanya sebulan tapi ko nambah usia nya banyal banget yaa.. Harus nya 21minggu ini malah 24minggu.. Aku ikut yg mana ya dok.. Hthp hpl nya 31 des 2017 Bidan 1 hpl 6 januari 2018 Bidan 2 hpl 2 januari 2018 Terimakasih dok sebelum nya

dr. Rio Aditya

Dijawab Oleh:

dr. Rio Aditya

Terima kasih telah bertanya seputar usia kehamilan melalui fitur Tanya Dokter.

Terdapat beberapa cara untuk mengetahui usia kehamilan, salah satunya adalah dengan melakukan perhitungan menurut HPHT (Hari Pertama Haid Terakhir). Banyak sekali faktor yang mempengaruhi perhitungan kehamilan menurut HPHT. Perhitungan kehamilan menurut HPHT hanya dapat dipercaya apabila istri Anda memiliki siklus menstruasi teratur dan normal yaitu sekitar 28 hari. Apabila siklus istri Anda tidak teratur maka perhitungan ini tidak valid. Pada tanggal 22 juni, itu hari pertama haid terakhir istri Anda, apakah hari terakhir pada haid terakhir istri Anda?

Namun metode perkiraan usia kehamilan dengan perhitungan hari pertama menstruasi terakhir tidak terlalu dapat diandalkan akurasinya dibandingkan dengan perhitungan dengan pemeriksaan ultrasonografi (USG). Karena itu, dalam hal ini, hasil perkiraan usia kehamilan dengan USG lebih dipercaya.

USG disarankan untuk dilakukan pada setiap wanita hamil khususnya jika fasilitas USG sudah ada. Sebenarnya tidak ada aturan khusus mengenai frekuensi seorang wanita hamil untuk melakukan pemeriksaan USG. Namun, dalam keadaan normal seorang wanita hanya perlu 3 kali melakukan pemeriksaan USG selama kehamilannya, yaitu :

Pemeriksaan pertama pada usia kehamilan sekitar 7 minggu untuk mengkonfirmasi kehamilan, menyingkirkan kemungkinan hamil diluar kandungan, melihat denyut jantung janin dan mengukur panjang janin (crown-rump length)Pemeriksaan kedua saat usia kehamilan 18-20 minggu untuk mendeteksi adanya cacat janin. Pada usia ini, ukuran janin sudah cukup besar sehingga dokter dapat mendeteksi kelainan anatomi janin dengan lebih akurat. Disamping itu, pemeriksaan USG kedua ini juga bertujuan untuk memastikan diagnosis hamil kembar, mengevaluasi pertumbuhan janin dan letak plasentaPemeriksaan ketiga saat janin berusia sekitar 32 minggu atau lebih untuk mengevaluasi ukuran dan berat janin (pertumbuhan janin), mendeteksi lebih lanjut kelainan janin, posisi plasenta.Pemeriksaan USG perlu dilakukan lebih sering jika dokter mencurigai kemungkinan adanya cacat janin dalam kandungan sehingga diperlukan evaluasi berkala untuk melihat kelainan tersebut.

Cara ini paling mudah dan paling sering dilakukan oleh dokter. Tingkat akurasinya cukup tinggi, yakni sekitar 95%. Dengan USG maka usia kehamilan dan perkiraan waktu kelahiran si kecil bisa dilihat dengan jelas melalui “gambar” janin yang muncul pada layar monitor.

Sebenarnya penentuan usia kehamilan paling tepat dengan mengetahui masa pembuahan. Namun, sulit menentukan kapan terjadi pembuahan. Dokter umumnya menggunakan USG untuk mengetahui usia kehamilan, karena akurasi dari pemeriksaan ini tinggi. Anda tidak perlu memusingkan kapan terjadi pembuahan karena cukup menggunakan USG untuk menentukan usia kehamilan.

Demikian informasi yang bisa disampaikan seputar usia kehamilan, Semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar