Sukses

Nyeri di Kepala Penis Setelah di Sunat
11 Okt 2017, 13:43 WIB
Pria, 21 tahun.

Dok, kelamin saya disunat/dipotong pas saya kelas 5 sd tapi sampai sekarag kenappa bagian kepala penis saya kalo ada gesekan misal tidak pakai cd itu kan otomatis penis dan celananya ada gesekan nah disaat itu kepala penis saya itu masih terasa kurang nyaman bukan sakit/perih dok, yang saya khawatirkan nanti pas sudah menikah dan saya takut untuk bberhubungan intim dengan istri saya karena di kepala penios saya ada rasa yang tdk nyaman

dr. Rio Aditya

Dijawab Oleh:

dr. Rio Aditya

Terima kasih telah bertanya seputar nyeri di penis melalui fitur Tanya Dokter.

Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan. Keluhan nyeri di ujung atau daerah kepala penis dapat terjadi akibat suatu penyakit yang dikenal dengan nama balanitis. Balanitis merupakan peradangan pada daerah glans penis (kepala penis). Balanitis sering ditemukan pada laki-laki yang belum disunat akibat hygiene yang buruk atau akibat iritasi oleh smegma. Penyebab balanitis yang tersering adalah infeksi jamur. Disamping akibat jamur, balanitis dapat juga disebabkan oleh infeksi bakteri aerob, anaerob, virus, parasit, dll.

Disamping memberikan obat-obatan untuk menghilangkan penyebab, untuk menangani balanitis perlu juga dilakukan irigasi untuk membersihkan smegma dari lapisan bawah kulit preputium. Dianjurkan untuk dilakukan sirkumsisi (sunat) jika belum disunat pada penderita balanitis untuk mencegah berulangnya infeksi tersebut.

Selain balanitis, nyeri di ujung penis juga dapat disebabkan oleh hal lain. Maka dari itu perlu dilakukan evaluasi lebih lanjut untuk memastikan dugaan diagnosis tersebut. Kami sarankan sebaiknya Anda segera mengunjungi dokter spesialis kulit dan kelamin untuk mendapat tatalaksana yang lebih optimal. Apabila terbukti adanya infeksi, Anda akan mendapatkan terapi sesuai kuman penyebab.

Demikian informasi yang bisa disampaikan seputar nyeri di penis, Semoga bermanfaat

0 Komentar

Belum ada komentar