Sukses

Pemilihan Jenis Gigi Palsu Yang Tepat Untuk Gigi Depan
25 Sep 2017, 21:46 WIB
Pria, 41 tahun.

Sore dok, seminggu yg lalu saya telah cabut 1 gigi depan atas dan 1 lagi akan dicabut.. Karena sedikit mengganggu penampilan maka Saya ingin menggantinya. Saya mohon saran apakah ada ganti gigi palsu yang di tanam atau gigi palsu bongkar pasang ? Dan apa keuntungan dan kerugiannya memakai gigi palsu tersebut. Terima kasih.

Terimakasih telah bertanya tentang pertimbangan dalam pemilihan jenis gigi palsu yang tepat untuk gigi depan melalui fitur Tanya Dokter.

Pencabutan pada gigi depan tentu saja akan menyebabkan gangguan pada estetik wajah, dan hal ini dapat diatasi dengan pemasang gigi tiruan. Gigi tiruan yang dapat dipasang segera setelah pencabutan guna mengindari masa ompong adalah jenis gigi tiruan immediate denture. Keuntungan dari pemasangan gigi tiruan jenis ini adalah selain tidak adanya masa ompong, immediate denture juga mampu berperan seperti plester terhadap luka pasca pencabutan dan mengurangi perdarahan. Namun terdapat juga kekurangannya dimana gigi tiruan jenis ini tidak selalu pas seperti gigi tiruan lainnya.

Untuk menentukan jenis gigi palsu untuk menggantikan gigi depan sangat diperlukan pertimbangan yang matang. Sebaik-baiknya gigi palsu, masih lebih baik gigi asli meskipun sudah direstorasi dengan mahkota tiruan cekat. Pilihan untuk gigi palsu ada 2 jenis yaitu gigi tiruan lepasan dan gigi tiruan cekat(tidak bisa dilepas pasang sendiri). Gigi tiruan lepasan umumnya terbuat dari akrilik. Gigi akrilik kekurangannya warna lama kelamaan akan berubah sehingga akan terlihat berbeda dengan gigi asli disebelahnya, cengkeram terbuat dari kawat logam sehingga estetis kurang baik, cengkeram kawat lama kelamaan akan membuat leher gigi menjadi terkikis. Bagian leher gigi yang terkikis akan membuat gusi turun, dan enamel serta sebagian akar gigi terkikis. Lama kelamaan bisa beresiko gigi patah. Keuntungannya harga lebih terjangkau, kebersihan gigi palsu baik karena gigi palsu dapat dilepas pasang dan dibersihkan setiap hari. Selain itu ada jenis gigi palsu lepasan yang terbuat dari bahan yang bersifat lebih lentur dan lebih fleksibel, bernama Valplast. Valplast tidak memakai komponen cengkeram kawat pada lengannya, sehingga nilai estetiknya lebih baik untuk gigi depan atas. Tapi juga memiliki kekurangan yaitu bisa menurunkan dan mengiritasi gusi karena daya cengkeram valplast ke gusi sangat kuat.

Sedangkan mahkota tiruan cekat biasanya terbuat dari bahan porselen atau ceramic, keuntungannya estetik baik, memiliki warna yang lebih mirip dengan gigi asli, warna tidak akan berubah dalam jangka waktu lama. Kekurangannya harga lebih mahal, perlu pengasahan di gigi sebelahnya. 

Untuk alternatif perawatan gigi selain gigi palsu cekat(permanen) dan lepasan, adalah implant gigi. Implant gigi adalah gigi palsu yang berupa komponen seperti sekrup baja yang dipasang di dalam tulang, kemudian bagian atasnya dipasangkan mahkota tiruan. Oleh karena itu implan gigi dapat digunakan untuk menggantikan satu atau lebih gigi. Sekrup tersebut berfungsi untuk menggantikan akar gigi yang menerima beban kunyah dan meneruskannya ke tulang rahang, dan sekaligus mempertahankan ketinggian tulang rahang karena rahang tak bergigi lama kelamaan akan menyusut. Pemasangan implan memang dilakukan pada umur tertentu, karena untuk memasangnya diperlukan jaringan tulang rahang yang sehat dan tidak sedang dalam pertumbuhan, salah satu sumber menyatakan bahwa implan dapat dipasang pada wanita usia 15 tahun dan pada pria diusai 18 tahun.

Ada baiknya Anda berkonsultasi lagi ke dokter gigi lain untuk mendapatkan penjelasan yang lebih lengkap, lebih baik lagi jika Anda berkonsultasi ke dokter gigi spesialis prosthodonti (drg. Sp.Pros) yang khusus mendalami bidang gigi tiruan. Resiko pencabutan gigi depan relatif tidak ada, dan prosedur pencabutan umumnya relatif mudah dibandingkan pencabutan gigi belakang, namun perlu saya singgung sedikit bahwa tulang rahang yang sudah tidak bergigi lama kelamaan ketinggiannya akan semakin berkurang, akibatnya dapat berpengaruh pada tampilan pipi/bibir yang tampak kempot, seperti pada orang tua yang sudah tidak bergigi.

Demikian jawaban yang dapat kami berikan mengenai pertimbangan dalam pemilihan jenis gigi palsu yang tepat untuk gigi depan, semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar