Sukses

Penanganan Blighted Ovum
24 Sep 2017, 22:17 WIB
Wanita, 28 tahun.

Dok, HpHT saya sbnrnya tdk terlalu jelas, tp seingat saya sekitar dibwh 10 juli. Saat Bulan agustus tepatnya tgl 14 saya merasa kok telat blm mens, & merasa mual & gejala hamil tp lalu saya test pack & hasilnya negatif. Beberapa hr kemudian saya mens tp tdk terlalu byk & hanya berlangsung sekitar 2 hari. Saya anggap itu mens normal krn biasanya mmg hanya 3 hari. September sekitar tgl 15 saya merasa kembali mual, & gejala hamil, & saya merasa mens saya kok telat lg. Saya test pack & hasilnya positif. Lalu tgl 17 sept saya usg & memang terlihat kantung kehamilan & bakal janin sebesar biji kacang kedelai. dokter menjelaskan kehamilan saya sudah 7w3d, yg tdk cocok dgn pengakuan hpht saya (saya blg hpht saya 14agustus) yg brti sudah berlangsung hampir 2bln. Waktu saya tanya apa rahim saya baik2? Dokter blg iya baik2, & kehamilan normal. Denyut jantung ada. & disuruh kembali cek up minggu dpn lg / bln dpn untuk kepastian BO / tdk. Tp dia blg sbnrnya janin sudah terlihat kl di usg. Sewaktu saya plg saya cek lg & mencari tahu, pada kolom CRL tdk ditulis apa2 / kosong. Hanya gs : 2,7cm Ga : 7w3d Yg mau saya tanyakan, apa itu sbnrnya mmg msh blm bs dipastikan BO / tdk? & kenapa perhitungan hpht nya berbeda jauh? Apakah saat agustus itu hanya flek? GA pada usg itu muncul apa hanya berdasar pada GS? & bnr2 akurat ataukah perkembangan janin saya lambat? & kenapa CRL tdk muncul? Saya usg 2D. Terima kasih

dr. Alvin Nursalim

Dijawab Oleh:

dr. Alvin Nursalim

Terima kasih karena Anda telah bertanya tentang blighted ovum menggunakan fitur Tanya Dokter

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan, oleh karena itu ijinkan kami menambah wawasan Anda agar kekhawatiran Anda dapat berkurang. Pertama tama perlu Anda ketahui bahwa haid merupakan sebuah proses dimana dinding rahim luruh. Wanita yang sedang haid sudah tentu tidak dapat melangsungkan kehamilan, demikian pula sebaliknya. Nampaknya yang dimaksudkan dengan kantong kehamilan kosong yang Anda khawatirkan adalah "blighted ovum" yang merupakan suatu kelainan dalam kehamilan di mana kantong kehamilan tumbuh tanpa disertai pertumbuhan janin, sehingga hanya kantong kehamilannya yang tumbuh.

Blighted ovum dapat disebabkan oleh pembelahan sel yang tidak sempurna atau kualitas sel telur dan/atau sel sperma yang tidak bagus. Tubuh Ibu akan mengenali kromosom abnormal yang tumbuh dan secara alami akan berusaha untuk menghentikan kehamilan karena janin tidak akan tumbuh menjadi bayi yang normal dan sehat. Sayangnya blighted ovum tidak dapat dicegah, meski demikian, umumnya blighted ovum hanya akan terjadi satu kali pada ibu hamil.

Biasanya diagnosa blighted ovum sudah ditegakkan pada kehamilan trimester 1 dan baru diketahui setelah melakukan pemeriksaan USG trnsvaginal pada kehamilan 6-7 minggu, karena pada saat itu kehamilan sudah agak besar 16 mm sehingga terlihat lebih jelas. Untuk menegakkan diagnosis blighted ovum perlu dilakukan pemeriksaan USG yang berulang untuk benar-benar memastikan bahwa tidak ada pertumbuhan janin di dalam kantong kehamilan, sehingga Dokter Kebidanan Anda tidak sampai salah diagnosis. Apabila setelah di USG transvaginal ulang, kantung kehamilan Anda kosong tidak berisi janin maka Anda akan dianjurkan untuk dilakukan kuret untuk membersihkannya. Adapun kehamilan berikutnya sebaiknya ditunda selama 2-3 siklus menstruasi untuk menyempurnakan proses penyembuhan rahim setelah tindakan kuretase.

Umumnya blighted ovum hanya terjadi sekali. Disarankan untuk menunggu 1-3 siklus menstruasi sebelum mencoba untuk hamil lagi.Untuk siklus haid, biasanya, akan kembali lagi seperti normal. Kami sarankan Anda terus berkonsultasi dengan dokter spesialis kandungan dan kebidanan Anda untuk pemeriksaan kontrol dan pemantauan kondisi Anda.

Baca pula artikel artikel berikut untuk menambah informasi Anda.

2 tahun Menikah & Belum Hamil
Amankah Berhubungan Seksual Setelah Menstruasi?
Belum Hamil Setelah 2 Tahun Menikah
Ingin Hamil
Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda.

0 Komentar

Belum ada komentar