Sukses

Penyebab Sulit Hamil
17 Sep 2017, 22:54 WIB
Wanita, 26 tahun.

Dok,,saya udh 4 bulan menikah... Tp selalu gagal untuk hamil. Apakah itu wajar? Padahal saya selalu mengusahakan rutin berhubungan di masa2 subur...

dr. Rio Aditya

Dijawab Oleh:

dr. Rio Aditya

Terima kasih telah bertanya seputar penyebab sulit hamil melalui fitur Tanya Dokter.

Sekitar 90% pasangan suami istri yang melakukan hubungan intim dengan teratur akan mengalami kehamilan dalam satu tahun. Sayangnya, terdapat sekitar 30 juta pasangan suami istri di Indonesia yang masih sulit hamil.

Faktanya, sulit hamil dipengaruhi oleh faktor dari kedua belah pihak. Sekitar 40-50% kasus disebabkan akibat masalah reproduksi wanita, dan sekitar 20-30% kasus disebabkan oleh masalah reproduksi pria.

Pasangan dikatakan tidak subur bila tidak mendapat keturunan setelah 1 tahun pernikahan dan berhubungan sex 2-3 kali perminggu tanpa menggunakan kontrasepsi. Kasus yang sering terjadi bila menyangkut sulit untuk memiliki keturunan ini, tragisnya malah pihak perempuan yang sering menjadi sasaran. Hal tersebut tidak lain disebabkan oleh kurangnya pengetahuan bahwa untuk mendapatkan keturunan, dibutuhkan kerja sama dari kedua belah pihak, laki-laki dan perempuan.

BErikut beberapa faktor yang dapat memengaruhi kesuburan pasangan :

Faktor wanita:

  • Pada wanita, ketidaksuburuan dapat terjadi karena adanya infeksi pada vagina
  • Ketidaknormalan kondisi organ reproduksi wanita
  • Tidak normalnya jumlah lendir pada vagina akibat pengaruh hormon sehingga dapat menghambat perjalanan sperma untuk bertemu dengan sel telur.

Faktor pria:

  • Ketidaksuburan dapat terjadi akibat tidak normalnya sperma,baik itu bentuknya,jumlahnya,
    maupun pergerakannya.
  • Dapat juga dikarenakan ketidakmampuan ereksi
  • Proses ejakulasi yang abnormal
  • infeksi pada organ reproduksi

Untuk mengetahui penyebab ketidaksuburan, hendaknya Anda dan pasangan memeriksakan diri ke dokter, untuk dilakukan pemeriksaan, baik itu pemeriksaan fisik untuk mengetahui apakah terdapat ketidaknormalan pada organ reproduksi ataupun pemeriksaan penunjang untuk mengetahui apakah ada masalah hormon atau ketidaknormalan sperma.

0 Komentar

Belum ada komentar