Sukses

Penyebab Ngiler Berbusa Saat Tidur
17 Sep 2017, 16:49 WIB
Pria, 23 tahun.

Selamat sore dokter, keluhan saya pada saat tidur itu mengeluarkan busa (Berbuih). Kejang-kejang sih tidak. Macam kelihatan overdosiss. Dari umur 22 hingga sekarang. Apa itu nama penyakitnya dok? dan cara mengatasi nya bagaimana ya dokter?

dr. Alvin Nursalim

Dijawab Oleh:

dr. Alvin Nursalim

Terima kasih telah bertanya tentang penyebab ngiler berbusa saat tidur menggunakan layanan Tanya Dokter

Kami memahami kekhawatiran Anda. Kebiasaan “ngiler” saat tidur dapat terjadi dalam kondisi normal (fisiologis) maupun akibat adanya penyakit (patologis).

Ketika kita sedang sadar, air liur yang dihasilkan oleh kelenjar saliva akan secara otomatis tertelan. Namun ketika kita tidur, otot tubuh kita menjadi lebih rileks sehingga secara tidak sadar air liur tersebut tidak tertelan, meskipun saat tidur jumlah air liur yang dihasilkan oleh tubuh lebih sedikit dibandingkan ketika kita sadar. Jika kita tidur dalam posisi telentang, air liur tersebut akan langsung mengalir ke belakang tenggorokan. Bagaimana dengan posisi tidur Anda?

Selain itu, perlu juga ditelusuri adakah kondisi medis yang mendasari kebiasaan “ngiler” tersebut, antara lain akibat produksi air liur yang berlebihan seperti pada kondisi alergi, infeksi sinus, infeksi tonsil (amandel), maupun efek samping obat obatan tertentu (antidepresan).

Orang yang bernafas melalui mulut (mouth breather) dan orang dengan gangguan pernafasan juga lebih besar kemungkinannya untuk mengalami “ngiler” saat tidur. Bernafas melalui mulut bisa dikatakan sebagai indikator adanya masalah pernafasan yang menghalangi seseorang bernafas melalui hidung sebagaimana biasa. Seseorang yang tidur dengan mulut dengan mulut terbuka akan memudahkan untuk “ngiler” karena kelenjar liur tidak tertahan. Air liur akan terkumpul di rongga mulut dan mengalir keluar. Menurut beberapa sumber, stress dan tekanan dapat memicu seseorang untuk bernafas melalui mulut. Mengenai bernafas melalui mulut sudah pernah dimuat di situs kami dan dapat Anda akses dengan mengakses tautan berikut: Awas! Kebiasaan Bernafas Melalui Mulut Berbahaya .

Agar keluhan anda dapat teratasi perlu dicari terlebih dahulu sumbernya. Anda dapat memeriksakan diri ke dokter gigi atau dokter spesialis THT agar dapat dilakukan pemeriksaan yang lebih optimal.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar