Sukses

Penyebab Keputihan Kekuningan
17 Sep 2017, 16:49 WIB
Wanita, 22 tahun.

Dokter. Saya sering keputihan berwarna kuning. Rasanya kok anyang"en payudara sdikit nyeri apakah ada infeksi di bagian dalam ? Karena sudah dipriksakan ke dokter katanya tidak ada benjolan di perut saya. Dan diberikan obat untuk keputihan dari dokter saya.

dr. Alvin Nursalim

Dijawab Oleh:

dr. Alvin Nursalim

Terima kasih telah bertanya tentang penyebab putih kekuningan menggunakan layanan Tanya Dokter

Sayang sekali keterangan yang Anda berikan kurang lengkap. Mohon maaf karena kami juga tidak mengenal obat "Afrizol" ini. Di manakah Anda memperolehnya? Adakah tertulis kandungan antibiotiknya?

Keputihan atau dalam kedokteran disebut flour albus, adalah cairan yang keluar dari vagina/liang kemaluan (bukan darah). Keputihan ada 2 macam, fisiologis dan patologis.

Keputihan adalah satu gejala dapat adanya suatu proses infeksi atau alergi didaerah kemaluan.

Gejala
Pada saat tertentu, memang terjadi peningkatan jumlah cairan secara fisiologis, namun hal itu bukan merupakan suatu tanda adanya penyakit. Jumlah cairan vagina meningkat dalam kondisi peningkatan jumlah hormon pada sekitar masa haid atau saat hamil, rangsang seksual, stres atau kelelahan, penggunaan obat-obatan atau alat kontrasepsi.

Cairan vagina normal memiliki ciri-ciri antara lain warnanya putih jernih, bila menempel pada pakaian dalam warnanya kuning terang, konsistensi seperti lendir (encer-kental) tergantung siklus hormon, tidak berbau serta tidak menimbulkan keluhan.

Sementara keputihan patologis adalah keputihan yang terjadi diakibatkan oleh parasit, jamur, bakteri, dan penyakit lainnya.

Sebagian besar keputihan disebabkan oleh parasit Trichomonas vaginalis yang menghasilkan banyak cairan berupa cairan encer berwarna kuning kelabu.

Keputihan yang patut diwaspadai jika timbul gejala meningkatnya jumlah cairan vagina dari biasanya hingga terus menerus muncul dan acapkali mengganggu, berbau amis, apek, busuk, berwarna putih susu, kuning tua, coklat, kehijauan bercampur darah. Cairan vagina yang tidak normal juga ditandai dengan konsistensi encer, berbuih hingga kental menggumpal seperti susu basi.

Jika keputihan Anda warnanya putih jernih, bila menempel pada pakaian dalam warnanya kuning terang, konsistensi seperti lendir (encer-kental) tergantung siklus hormon, tidak berbau serta tidak menimbulkan keluhan maka masih termasuk dalam keputihan yang normal.

Demikian informasi kami sampaikan, semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar