Sukses

Penyebab Kembung dan Diare
17 Sep 2017, 16:49 WIB
Pria, 52 tahun.

Saya mengalami kembung diikuti diare sejak 5 hari lalu. Khususnya setekah makan pasti langsung BAB yg enceri. Saya sdh konsumsi obat maag, diatab dan imodium tapi belum ada perubahan smp hari ini. Mohon penjelasan apa penyebab dan upaya penyembuhannya. Terima kasih. Salam

dr. Alvin Nursalim

Dijawab Oleh:

dr. Alvin Nursalim

Terima kasih telah bertanya tentang penyebab kembung menggunakan fitur Tanya Dokter.

Salah satu penyebab nyeri perut, mual dan diare adalah infeksi saluran cerna. Pada infeksi (disentri) biasa disertai dengan diare, nyeri perut dan terkadang demam dan darah biasanya keluar bersamaan dengan tinja. Bagaimana dengan Anda apakah buang air besar disertai demam dan darah? Perut yang kembung dan sering bersendawa bisa merupakan bagian dari penyebab dari penyakit diare yang Anda alami. Apabila Anda memang mengalami diare disentri maka Anda harus mengkonsumsi antibiotik. Kami belum dapat memberikan rekomendasi obat untuk Anda minum sebab belum dapat menentukan diagnosis penyakit Anda. Untuk menentukan diagnosis perlu ada beberapa hal yang harus dikonfirmasi terlebih dahulu dan beberapa hal dapat dipastikan dengan pemeriksaan penunjang.

Selain itu, pada kondisi diare sebaiknya Anda banyak mengkonsumsi banyak air mencegah Anda jatuh ke dalam kondisi dehidrasi. Apakah Anda memiliki riwayat maag? Sering bersendawa dan perut kembung juga bisa merupakan gejala penyerta maag. Anda sebaiknya berkonsultasi langsung dengan dokter terdekat.

Semoga dapat bermanfaat

0 Komentar

Belum ada komentar