Sukses

Penyebab Dahak Berdarah
17 Sep 2017, 16:37 WIB
Pria, 22 tahun.

Selamat malam dok,dok saya mau tanya kenapa waktu saya meludah ko keluar darah padahal gigi dan gusi saya sehat,krodologinya begini dok, sebelumnya saya malam begadang siang saya tidur sebentar setelah itu saya cuci muka dan meludah ternyata keluar darah. mohon kejelasanya dok. Ini bukan masalah gigi atau gusi.. gigi dan gusi saya sehat... saya sudah cek ke dokter gigi..

dr. Alvin Nursalim

Dijawab Oleh:

dr. Alvin Nursalim

Terima kasih telah bertanya tentang liur berdarah menggunakan layanan Tanya Dokter 

Kami mengerti rasa khawatir yang Anda rasakan. Banyak penyebab air liur/ dahak berdarah, misalkan infeksi tuberkulosis. Namun tidak hanya pada TBC saja yang dapat menimbulkan gejala reak/dahak berdarah. Darah yang bercampur dengan reak bisa berasal dari berbagai area dari rongga mulut (gusi berdarah, iritasi tenggorokan akibat batuk yang kuat), saluran pernapasan, atau saluran pencernaan.

Dahak berdarah, atau yang dalam istilah kedokteran disebut hemoptisis, adalah ekspetorasi darah akibat perdarahan pada saluran napas di bawah tenggorokkan. Dahak berdarah bisa sangat bervariasi, mulai dari bercak darah, hingga dahak berdarah yang kental. Dahak berdarah biasanya disebabkan oleh infeksi saluran pernapasan (seperti TBC, bronkiektasis, pneumonia, abses paru), tumor pada saluran pernapasan, dan kelainan kardiovaskuler. Apabila dahak berdarah terjadi akibat penyakit pada saluran pernasapan, biasanya disertai dengan batuk, dan darah yang dikeluarkan berwarna merah segar dan bercampur dengan lendir, serta tampak berbusa karena adanya gelembung udara.

Namun demikian, pada beberapa kasus, seringkali penderita memiliki dahak berdarah tanpa batuk. Ini terjadi apabila penyebab dahak berdarah tanpa batuk adalah adanya sumbatan saluran napas, sehingga darah tidak dapat dibatukkan. Kondisi ini sangat berbahaya, karena darah yang tidak dapat dikeluarkan akan menggumpal dan dapat memperparah sumbatan saluran pernapasan. Selain itu, penderita tidak menyadari adanya perdarahan saluran napas, karena darah tidak “keluar”.

Penyebab dahak berdarah tanpa batuk lainnya adalah adanya masalah dalam saluran pencernaan, seperti infeksi bakteri atau virus, tumor atau kanker, sakit maag yang parah (erosive), luka pada lambung (ulcus pepticum), atau luka/radang pada kerongkongan. Dahak berdarah tanpa batuk ini dikenal dengan nama hematemesis (muntah darah), dan biasanya didahului oleh adanya aliran balik dari pergerakan saluran pencernaan. Darah yang keluar dapat tercampur oleh sisa makanan, dan warna darah yang dimuntahkan bisa merah segar atau kehitaman. Jika darah yang keluar berwarna kehitaman, biasanya terjadi gangguan pada lambung, karena darah sempat bercampur dengan asam lambung. Sedangkan jika darah yang keluar berwarna merah segar, menandakan bahwa darah tidak sempat bercampur dengan asam lambung.

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat.

1 Komentar

  • Leo The Chosen

    Tapi kepala saya sakit pak, berdenyut ... menurut saya bukan saluran pernafasan... kepala saya terasa pening... apalagi bagian belakang