Sukses

Kehamilan Setelah Keguguran
17 Sep 2017, 16:37 WIB
Wanita, 28 tahun.

Saya mau nanya dok...udh 2 x saya hamil di luar kandungan trs.....yg pertama saya di kuret dn kmrn yg ke 2 saya harus di Cesar dn itu jg indung telurnya harus di buang 1 ..... Kira2 klu saya hamil lg bisa ngga ya...??? Klu sya ksh jarak 1 tahun bua sya hamil lg itu kira2 bagus atau tidak untuk bekas operasi nya.....?? Mohon bantuannya...??? Mksh sblmnya

dr. Alvin Nursalim

Dijawab Oleh:

dr. Alvin Nursalim

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Berhubungan intim pasca kuretase dan operasi boleh saja asalkan sudah tidak ada lagi darah yang keluar dari rahim. Umumnya setelah satu minggu dari kuretase darah sudah tidak ada lagi. Jika sudah mendapat haid lagi berarti fungsi organ reproduksi sudah kembali normal dan sudah boleh hamil lagi.

Pada saat terjadi keguguran, memang tubuh akan secara alami mencoba mengeluarkan janin yang sudah tidak bernyawa tersebut sehingga akan terjadi pembukaan mulut rahim.

Sekitar 10-15% dari kehamilan akan mengalami keguguran oleh berbagai sebab. Sebab yang paling sering (sekitar 60%) adalah adanya kelainan kromosom berat pada embrio (atau janin) sehingga embrio tersebut tidak dapat berkembang normal dan akhirnya akan gugur. Sebagian lagi keguguran disebabkan oleh kelainan bentuk/kelainan pada rahim, gangguan sirkulasi darah (mis.Thrombophilia), faktor imunologik, kekurangan hormon, infeksi, dll. Secara medik baru dianggap bermasalah jika keguguran terjadi berulang (habitualis), yaitu keguguran yang terjadi 3 kali atau lebih. Kalau faktor kromosom tentu tidak tindakan pencegahannya. Faktor lain umumnya bisa dievaluasi dan diperbaiki kalau memang ada, misalnya: faktor sirkulasi darah, infeksi, kelainan pada uterus. Mengingat ibu baru satu kali keguguran, sebaiknya tidak perlu terlalu khawatir dan belum perlu evaluasi yang detil. Sebaiknya coba saja hamil lagi.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar