Sukses

KB IUD dan Terjadinya Flek
16 Sep 2017, 16:09 WIB
Wanita, 25 tahun.

Selamat siang dok.. saya menggunakan KB IUD tapi haidnya tidak lancar.. hanya flek2 coklat aja..

dr. Alvin Nursalim

Dijawab Oleh:

dr. Alvin Nursalim

Terima kasih karena Anda telah bertanya tentang efek penggunaan KB IUD menggunakan fasilitas Tanya Dokter

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan, metode kontrasepsi IUD (Spiral) memang dapat memberikan efek samping berupa rasa nyeri, perdarahan, dan peningkatan jumlah darah menstruasi. Efek samping yang terjadi bervariasi terjadinya, dan sangat individual, ada yang berat dan ada yang ringan. Pemakaian KB IUD juga memerlukan kontrol dalam waktu yang teratur yaitu 1 bulan pasca pemasangan, 3 bulan kemudian, setiap 6 bulan berikutnya dan bila terlambat haid 1 minggu.

Sebaiknya Anda mengunjungi dokter Anda kembali untuk evaluasi keluhan haid Anda. Diskusikan dengan dokter Anda mengenai pilihan KB lain bila diperlukan.

Baca pula artikel artikel berikut untuk menambah informasi Anda.

Kontrasepsi mekanik
Pil KB Dapat Mengurangi Risiko Endometriosis
Kontrasepsi Suntikan Menyebabkan Peningkatan Berat Badan
Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga dapat bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar