Sukses

Hidung Tersumbat Bergantian
30 Agu 2017, 13:22 WIB
Pria, 25 tahun.

saya mau tanya dok, 2 tahun lalu hidung saya bermasalah bersin terus menerus, badan panas, hidung terasa bau dan mampet, pas saya browsing di google cari gejala-gejala yg saya rasakan itu ternyata penyakit polip hidung tapi pas saya periksa ke klinik kata dokternya itu sinusitis dan setelah seminggu minum obat dari dokter baunya hilang, tapi mampetnya yg sampai sekarang tidak hilang hilang jadi mengganngu tidur kalau tidur miring ke kiri/ke kanan bergantian mampetnya, jadi itu sinusitis atau polip dok ? dan apa ada tidak obat untuk menghilangkan mampetnya ini biar nafas saya normal lagi mohon jawabanya terimakasih

Terima kasih telah menggunakan fitur Tanya Dokter untuk menanyakan mengenai hidung tersumbat bergantian.

Kami memahami kekhawatiran dan keresahan Anda. Beberapa hal perlu dijelaskan lebih lanjut. Apakah terdapat nyeri di sekitar hidung, pipi, atau dahi saat ditekan? Apakah Anda memiliki riwayat alergi? Apakah ada gejala sering bersin-bersin pada pagi hari, mata berair, keluar ingus terutama pagi hari atau terkena debu?

Hidung tersumbat merupakan suatu keadaan dimana terjadi pembengkakan pada lapisan dinding hidung yang diakibatkan oleh peradangan. Akibatnya saluran udara di hidung pun menyempit dan hidung terasa "mampet". Hal ini dapat disebabkan oleh beberapa hal seperti : Alergi, influenza atau infeksi saluran pernafasan atas, deviasi septum, sinusitis, polip nasal, rhinitis vasomotor, dan rhinitis medikamentosa (akibat obat-obatan), serta GERD (asam lambung yang naik ke kerongkongan). 

Ketika dinding hidung meradang dan membengkak, pembuluh darah di daerah tersebut melebar dan melepaskan zat-zat yang berperan dalam proses peradangan. Saat Anda berpindah posisi, misalnya berbaring ke kanan, maka tekanan menuju pembuluh darah di hidung sebelah kanan akan meningkat karena gaya gravitasi, sehingga hidung kanan terasa lebih tersumbat dibandingkan hidung kiri. Begitu pula jika Anda berpindah posisi menghadap ke kiri, maka tekanan akan berpindah ke hidung sebelah kiri dan terjadi proses serupa.

Pengobatan harus disesuaikan dengan penyebab dari hidung tersumbat. Disertai pengobatan untuk mengurangi proses peradangan tersebut. Untuk mengetahui penyebab keluhan Anda dibutuhkan pemeriksaan langsung untuk melihat kondisi hidung dan organ terkait. Kami menyarankan Anda untuk memeriksakan diri langsung ke dokter spesialis THT agar diagnosis dapat ditegakkan dan Anda memperoleh pengobatan optimal.

Kami turut menyertakan artikel untuk menambah informasi Anda :

Demikian penjelasan yang dapat kami berikan mengenai hidung tersumbat bergantian. Semoga bermanfaat

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar