Sukses

Efek Samping KB Suntik 3 Bulan
14 Agu 2017, 09:22 WIB
Wanita, 27 tahun.

Dok.. Saya ibu dr dua anak. Anak kedua saya usia 2 thn. Sejak melahirkan anak kedua saya say maenggunakan kb suntik 3 bulanan. Tp saya suka mens berkepanjangan. Dan saat berhubungan dengan suami saya sering merasakan tidak nyaman bahkan perih sekali di area miss v dok. Apakah ada kelainan pada saya. Atau itu pengaruh kb suntik dok.

Terima kasih telah bertanya tentang Efek Samping KB Suntik 3 Bulan melalui fitur Tanya Dokter
Halo,

Kontrasepsi suntikan KB 3 bulan mengandung long-acting progestin, yaitu Norestiteron enantat (NETEN) dengan nama dagang depomedroksi progesterone acetat (DPMA), 150 mg yang diberikan setiap 3 bulan. Hormonal ini akan berfungsi sebagai alat pencegah kehamilan dengan cara kerja mempengaruhi sistim hormon di dalam tubuh.

Salah satu efek samping dari hormon tersebut adalah perdarahan yang tidak teratur, mulai dari perdarahan bercak atau flek hingga perdarahan yang berkepanjangan, bahkan 70% pengguna KB suntik bisa tidak mens. Setiap individu memiliki respon yang berbeda-beda dalam penerimaan hormon ini. Darah tersebut berasal dari peluruhan lapisan dinding rahim seperti darah haid yang mengalami ketidakteraturan akibat pengaruh hormon.

Ada baiknya juga Anda berkonsultasi dengan dokter spesialis kebidanan dan kandungan mengenai keluhan anda.
Demikian informasi yang dapat kami berikan tentang Efek Samping KB Suntik 3 Bulan. Semoga bermanfaat.

 

0 Komentar

Belum ada komentar