Sukses

Jari Sulit Ditekuk
14 Agu 2017, 07:40 WIB
Pria, 57 tahun.

Assalamu'alaykum... Dok, jari-jari tangan saya sulit untuk ditekuk(untuk menggenggam sesuatu) pernah dipaksakan untuk memegang pisau, jari jari tertekuk, tapi tidak bisa kembali keposisi semula. sudah kurang lebih 5 bulan. jika tanya ke dokter di wilayah rumah katanya karna gula, kalopun ke dokter ya spesialis saraf, tapi pernah ke dokter sewaktu di kota lain katanya ke dokter spesialis penyakit dalam. jadi ini bingung kalo mau konsultasi ke dokter mana ? mohon bantuannya.. terima kasih

dr. Alvin Nursalim

Dijawab Oleh:

dr. Alvin Nursalim

Terimakasih telah bertanya tentang gangguan jari menggunakan layanan tanya dokter

Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan. Keluhan Anda saat ini adalah jari susah ditekuk. Keluhan Anda bisa mengarah kepada trigger finger. Kami akan mencoba jelaskan mengenai Trigger finger.

Trigger finger adalah kekakuan tendon atau selubung tendon, suatu kondisi nyeri atau sakit pada jari-jari tangan, jari kaku bila ditekuk atau ketika mau di luruskan. Kondisi ini mengakibatkan terkuncinya sendi jari pada saat di gerakan dari posisi fleksi (gerakan menekuk) ke arah posisi ekstensi (gerakan meluruskan). Trigger finger dapat mengenai lebih dari satu jari pada satu waktu, meskipun biasanya lebih sering terjadi pada ibu jari, tengah, atau jari manis.

Penyebab pasti Trigger finger tidak diketahui. Namun demikian, Trigger finger cenderung dialami oleh :

Wanita hamil atau setelah melahirkan

Wanita yang sudah menopause

Penderita Kencing Manis

Peminum alkohol

Pekerja yang banyak melakukan gerakan menggenggam

Trauma

Kami sarankan segera konsultasikan ke dokter spesialis penyakit dalam atau bedah agar dapat dilakukan pemeriksaan fisik dan mendapatkan terapi yang optimal.

Penanganan dilakukan dengan cara :

1. Terapi non bedah :

Istirahat. Jika keluhan ringan, mengistirahatkan jari mungkin dapat mengurangi gejala.

Obat obatan golongan anti inflamasi non steroid (NSAID) dapat membantu mengurangi gejala.

Suntikan steroid. Suntikan dilakukan ke dalam selubung tendo.

2. Terapi bedah

 

Namun untuk dapat memastikan keluhan Anda, kami sarankan Anda melakukan konsultasi lebih lanjut dengan dokter secara langsung agar dapat dilakukan pemeriksaan fisik secara menyeluruh.

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar