Sukses

Penggunaan KB Suntik
14 Agu 2017, 07:09 WIB
Wanita, 17 tahun.

Assalamualaikum dok.. Saya mau tanya.. kemaren kan saya abis suntik kb yang 1bulan.. terus sore nya itu kaya agak pusing berat kepala.. dan hilang terus ada lagi.. emang sih saya mungkin agak kurang tidur karna baru lahiran 2bulan yang lalu.. baby nya suka begadang.. kepala saya berat bangett dok kaya nyut2an gituu.. padahal kemaren pas suntik kb darah normal dok.. Mohon di jawab dok.. terima kasih

dr. Alvin Nursalim

Dijawab Oleh:

dr. Alvin Nursalim

Terima kasih telah ebrtanya tentang efek KB suntik menggunakan fitur tanya dokter

Kami memahami kekhawatiran yang Anda alami. KB suntik merupakan salah satu cara yang digunakan untuk mencegah terjadinya kehamilan dengan memberikan suntikan hormon (hormon progestin atau kombinasi hormon estrogen dan progesteron) ke dalam tubuh. Pemberian hormon melalui KB suntik mampu mencegah kehamilan dengan cara:

menghambat terjadinya ovulasi (pelepasan sel telur oleh indung telur)

mempertebal lendir mukosa leher rahim

mengganggu pergerakan silia saluran tuba

menghalangi pertumbuhan lapisan endometrium (dinding rahim)

Biasanya kontrasepsi suntikan yang diberikan dengan injeksi secara intramuskular setiap bulan adalah kontrasepsi suntikan estrogen-progesteron, mengandung 25mg depo medroxyprogesteron asetat dan 5 mg estradiol cypionat. Lalu bagaimana dengan efektivitas dari tindakan ini? Penjelasan selengkapnya di halaman selanjutnya:


Efek Samping KB Suntik
Efektivitas
kehamilan terjadi pada 0,3/100 wanita

Keuntungan
mula kerja cepat dan sangat efektif, bekerja dalam waktu lama, tidak mengganggu menyusui, mengurangi rasa nyeri dan haid yang keluar, dapat dipakai pada hari ke 3 – 5 pasca persalinan, dan segera setelah keguguran

Kerugian
meningkatkan berat badan karena nafsu makan yang meningkat, lapisan dari lendir rahim menjadi tipis sehingga haid sedikit, bercak atau tidak haid sama sekali, perdarahan tidak menentu, suntikan harus dilakukan oleh tenaga kesehatan secara teratur, tidak melindungi dari PMS

Efek samping
peningkatan berat badan, rambut rontok, tulang menjadi keropos, kelainan metabolisme lemak, ketidakteraturan menstruasi termasuk menometroragi (umumnya beberapa bulan pertama) dan amenorea (1 tahun pertama), jika pemakaian suntikan KB dihentikan, siklus menstruasi yang teratur akan kembali terjadi dalam waktu 6 bulan-1 tahun

Pengembalian kesuburan
tidak selama kontrasepsi suntikan progestin.

Lalu bagaimana dengan KB suntik 3 bulan? Halaman berikut penjelasannya.

Efek Samping KB Suntik
Sedangkan, kontrasepsi suntikan KB 3 bulan mengandung long-acting progestin, yaitu Norestiteron enantat (NETEN) dengan nama dagang depomedroksi progesterone acetat (DPMA), 150 mg yang diberikan setiap 3 bulan. Hormonal ini akan berfungsi sebagai alat pencegah kehamilan dengan cara kerja mempengaruhi sistim hormon di dalam tubuh.

Salah satu efek samping dari hormon tersebut adalah perdarahan yang tidak teratur, mulai dari perdarahan bercak atau flek hingga perdarahan yang berkepanjangan, bahkan 70% pengguna KB suntik bisa tidak mens. Setiap individu memiliki respon yang berbeda-beda dalam penerimaan hormon ini. Darah tersebut berasal dari peluruhan lapisan dinding rahim seperti darah haid yang mengalami ketidakteraturan akibat pengaruh hormon.

Sebelum memilih jenis kontrasepsi dari program KB (keluarga berencana), tentukan terlebih dahulu dari tujuan Anda menggunakan kontrasepsi dan waktu untuk mendapatkan kesuburan Anda kembali (dalam beberapa tahun). Pemilihan juga harus disesuaikan dengan usia pengguna. Metode kontrasepsi tersebut dapat digolongkan berdasarkan cara kerjanya yaitu dengan metode barrier (penghalang) sebagai contoh, kondom yang menghalangi sperma; metode mekanik seperti IUD; atau metode hormonal seperti pil dan suntik KB. Selain tiu terdapat juga metode kontrasepsi alami yang tidak memakai alat-alat bantu maupun hormonal namun berdasarkan fisiologis seorang wanita dengan tujuan untuk mencegah fertilisasi (pembuahan), namun risiko terjadinya kehamilan akan lebih tinggi jika menggunakan metode kontrasepsi alami.

Sebelum memilih jenis metode kontrasepsi yang tepat untuk anda, anda harus mengetahui kelebihan, kekurangan, efek samping dan efektifitas dari masing-masing metode kontrasepsi tersebut. Untuk itu, Kami telah menyediakan sebuah artikel yang berjudul Keluarga Berencana (KB). Ada baiknya juga Anda berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter spesialis kebidanan dan kandungan. Melalui artikel ini, anda dapat memperoleh segala informasi mengenai KB dan dapat membantu anda dalam menentukan metode kontrasepsi yang tepat bagi anda dan pasangan anda.

Demikian informasi kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar