Sukses

Ingin Menyambung Rahim Kembali Setelah Steril
14 Agu 2017, 05:40 WIB
Pria, 36 tahun.

Boleh kah saya menyambung kembali rahim saya yang sudah steril

Terimakasih telah bertanya tentang menyambung rahim setelah disteril melalui fitur Tanya Dokter.

Tubektomi merupakan salah satu metode kontrasepsi mantap yang dilakukan pada wanita. Kontrasepsi mantap merupakan kontrasepsi yang ditujukan untuk mencegah kehamilan dalam waktu yang lama. Metode ini biasanya dipilih jika seorang wanita telah memiliki cukup anak (minimal 2 atau 3 anak) dan usianya telah di atas 35 tahun, di mana usia tersebut tergolong berisiko apabila hamil.

Tubektomi merupakan prosedur untuk mencegah pertemuan antara sel telur dengan sel sperma dengan cara menghambat saluran penghubung tersebut (tuba fallopii). Cara menghambat tuba fallopii bisa dengan pengikatan (ligasi) atau pemotongan (reseksi). 

Bila kemudian Anda ingin hamil kembali setelah menjalani tubektomi, ada prosedur yang disebut dengan Tubal Reversal Surgery, yaitu operasi untuk mengembalikan patensi tuba (saluran penghubung kembali berfungsi). Namun, tidak semua wanita yang telah melakukan tubektomi dapat menjalani operasi ini. Dokter akan mempertimbangkan beberapa hal sebagai berikut:

  • Usia
  • Jenis operasi tubektomi yang dilakukan sebelumnya
  • Kondisi kesehatan secara keseluruhan dan kesehatan organ-organ kandungan termasuk indung telur, rahim, dan panjang  tuba fallopii yang tersisa
  • Riwayat operasi lain akibat penyakit kandungan seperti endometriosis, myoma uteri, penyakit radang panggul, dan yang lainnya

Secara umum, operasi tubal reversal dapat berhasil apabila hanya sebagian kecil tuba fallopii yang dipotong atau bila tuba diikat dengan menggunakan ring atau klip.

Operasi ini juga lebih mungkin berhasil apabila usia wanita masih di bawah 40 tahun dan tubektomi dilakukan segera setelah melahirkan.

Bila Anda mempertimbangkan untuk melakukan operasi tubal reversal, konsultasikan terlebih dulu dengan dokter kandungan Anda. Terlebih, usia Anda telah melampaui 35 tahun. Risiko kehamilan tentunya juga lebih tinggi setelah usia ini. (Baca: Hamil Di Atas 35 Tahun)

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (FA)

0 Komentar

Belum ada komentar