Sukses

Sakit Kepala Akibat Sinusitis
14 Agu 2017, 05:40 WIB
Wanita, 20 tahun.

Malam dok saya mau nanya knpa ya sakit kpala saya gk brhenti" awalnya saya sbulan yg lalu pilek lalu saya udh kdokter dan dksh obt awalnya bhnti dan gak lama pilek lagi saya diamkan aja tp kok kpala saya sakit smpe mata kpala muka saya nyeri lalu hdung saya tersumat dan prnh kluar pilek sya wrna coklat udh sbulanan sya bgni dok gak smbuh" pdahal udh mnum obt jga dr dokter dktanya radang tp kok kpala saya ttap skit, mhon dbntu

Terimakasih telah bertanya seputar sakit kepala dan sinusitis melalui fitur Tanya Dokter.

Dari ceritanya, sepertinya Anda mengalami sakit kepala yang disebabkan oleh sinusitis.

Sinus merupakan rongga kecil berisi udara yang terletak di belakang tulang pipi dan dahi. Fungsi dari sinus adalah menghasilkan lendir yang dialirkan ke dalam hidung, untuk selanjutnya dialirkan ke belakang, ke arah tenggorokan untuk ditelan ke saluran pencernaan. Semua keadaan yang mengakibatkan tersumbatnya aliran lendir dari sinus ke rongga hidung akan menyebabkan terjadinya sinusitis.

Sinusitis berarti adanya peradangan pada rongga sinus yang berada di tulang-tulang wajah. Peradangan pada sinus dapat dipicu oleh proses infeksi (bakteri, virus, jamur) atau noninfeksi (alergi) yang dapat menutup lubang sinus.

Salah satu gejala dari sinusitis adalah sakit kepala, yang mempunyai ciri sebagai berikut:

  • Nyeri yang dirasakan konstan.
  • Nyeri berdenyut di area wajah (sekitar mata, dahi dan pipi).
  • Nyeri yang terjadi di satu sisi kepala.
  • Nyeri hebat pada pagi hari dan mereda pada siang hari.
  • Nyeri semakin hebat dirasakan saat kepala ditundukkan.
  • Nyeri dirasakan saat terjadi perubahan suhu, misalnya dari udara dingin ke panas atau sebaliknya.

Gejala nyeri sakit kepala sinusitis sering kali sama dengan sakit kepala migrain dan tension-type headache. Namun, yang membedakannya adalah sakit kepala sinusitis disertai gejala penyerta, seperti demam dan adanya lendir berwarna hijau atau kuning yang berasal dari hidung serta hidung tersumbat.

Jika saat ini kepala masih sakit meski sudah diberikan obat dokter, artinya infeksinya belum teratasi. Pengobatan sinusitis mencakup pemberian antibiotik dalam waktu yang lebih lama dari biasanya dan obat-obat lain yang bersifat mengurangi keluhan. 

Kami sarankan agar Anda memeriksakan diri ke dokter spesialis THT agar diperiksa secara menyeluruh. Kemungkinan Anda juga memerlukan pemeriksaan berupa rontgen wajah atau CT Scan. 

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan seputar sakit kepala dan sinusitis. Semoga bermanfaat. (FA)

0 Komentar

Belum ada komentar